Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Motor Listrik Sport Saige RXZ, Jarak Tempuh 200 Km

Kompas.com - 02/07/2023, 14:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saige Motorcycle memperkenalkan motor listrik baru dengan desain sport fairing bernama RXZ. Tampilannya cukup gagah dan tenaganya terbilang besar.

Saige RXZ rencananya akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat, tapi untuk saat ini, motor listrik sport itu baru dipamerkan saja untuk para calon konsumen.

Okta Pramudya, Indonesian Corporate Branch Chief Operating Officer Saige, mengatakan, Saige RXZ masih ada di tahap homologasi untuk menyesuaikan speknya dengan pasar Indonesia.

“Speknya nanti kurang lebih sama (setelah homologasi). Selain Saige RXZ, kami juga berencana mengeluarkan enam produk baru yang akan mengisi semua segmen pasar motor listrik,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (28/6/2023).

Baca juga: Sektor Otomotif Raup Rp 2 Triliun Pendapatan Jakarta Fair 2023

Motor Listrik Saige RXZ, tampilan sporty dengan fairingKOMPAS.com/daafa Motor Listrik Saige RXZ, tampilan sporty dengan fairing

“Jadi untuk sekarang ini, kami hanya memperkenalkan dulu. Supaya konsumen tahu dan bisa punya gambaran produk-produk motor listrik macam apa yang mampu diproduksi Saige,” lanjut dia.

Terkait spesifikasi, Saige RXZ memiliki baterai berjenis super graphene dengan kapasitas 72 volt 60 Ampere hour (Ah) dengan klaim daya jelajah sejauh 100 kilometer.

Pramudya mengatakan, varian tertinggi Saige RXZ akan dibekali baterai ion litium dengan kapasitas yang lebih tinggi dan daya jelajah menembus 200 kilometer.

Untuk penggeraknya, motor listrik sport ini menggunakan hub-drive BLDC dengan daya motor sebesar 3.000 watt yang bisa menghasilkan kecepatan maksimal 125 kpj.

Baca juga: Ubah Moge Jadi Motor Listrik, Hunter Siapkan Paket Konversi Khusus

Motor Listrik Saige RXZ, tampilan sporty dengan fairingKOMPAS.com/daafa Motor Listrik Saige RXZ, tampilan sporty dengan fairing

Selayaknya motor sport pada umumnya, Saige RXZ juga dibekali komponen pelengkap lain seperti suspensi hidrolik di depan dan unitrack monoshock di belakang.

Motor listrik ini juga dibekali dengan double piston dual disk brake di bagian depan untuk membantu pengereman.

Berdasarkan pantauan redaksi, Saige RXZ juga memiliki ukuran dan dimensi yang jauh lebih besar dibandingkan motor-motor sport lainnya.

Redaksi dengan tinggi badan 181 sentimeter mencoba menungganginya, hasilnya kaki masih harus sedikit berjinjit dan tidak bisa menapak dengan sempurna.

Terkait harga, Pramudya belum bisa memberikan angka pasti. Tapi dia menjanjikan, harganya tidak akan melebihi Rp 50 juta saat diluncurkan nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com