Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovizioso Yakin Ducati Bakal Menolak Marquez Bergabung

Kompas.com - 15/06/2023, 06:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez banyak dikabarkan akan pindah ke pabrikan lain, termasuk Ducati. Namun, menurut mantan pebalap MotoGP, Andrea Dovizioso, mustahil Ducati akan terima Marquez.

Dovizioso mengatakan, sulit baginya melihat Marquez kesusahan berjuang dengan Honda. Begitu pula dengan Fabio Quartararo bersama Yamaha.

Baca juga: Sering Jatuh, Marquez Sulit Lewati Rekor Juara Dunia Valentino Rossi

"Marc tidak punya motor untuk melakukan itu. Sekarang ini, motor pabrikan Jepang tidak begitu bagus seperti dulu untuk banyak alasan," ujar Dovizioso, dikutip dari Crash.net, Rabu (14/6/2023).

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.

Menurut Dovizioso, Honda dan Yamaha bekerja dengan cara yang berbeda dibandingkan para pabrikan Eropa, seperti Ducati, KTM, dan Aprilia.

"Mereka harus mengubah banyak hal di dalam struktur untuk benar-benar melangkah maju, seperti para pabrikan Eropa. Untuk bisa melakukan ini, butuh waktu bertahun-tahun," kata Dovizioso.

Baca juga: KTM Buka Peluang untuk Marc Marquez di MotoGP 2025

Sebelumnya, Marquez pernah mengatakan, dirinya memiliki tujuan untuk meraih gelar juara dunia. Tidak peduli meski itu tidak dengan Honda. Maka itu, Marquez dikabarkan akan pindah ke pabrikan lain, termasuk Ducati.

Alex Marquez dan Marc Marquez terpantau telah memulai tahun 2023 dengan latihan motor di Sirkuit Motorland Aragon (17/1/2023).Twitter @alexmarquez73 Alex Marquez dan Marc Marquez terpantau telah memulai tahun 2023 dengan latihan motor di Sirkuit Motorland Aragon (17/1/2023).

"Itu mustahil. Itu mustahil karena Ducati tidak butuh Marc. Menurut saya, cara satu-satunya untuk menang (gelar juara dunia) adalah dengan ke merek lain," ujarnya.

Saat ini, Ducati sudah mendapatkan paket yang sempurna. Motor Italia dengan pebalap Italia, dan sukses meraih gelar juara dunia. Apalagi, saat ini Ducati masih memimpin di klasemen sementara MotoGP 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com