Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Turun di April 2023, Daihatsu Klaim Masih Dapat Angin Segar

Kompas.com - 15/05/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif di Indonesia mengalami penurunan pada April 2023. Hal ini juga dirasakan Daihatsu yang penjualan retailnya merosot hingga 24,3 persen.

Faktor utamanya dikarenakan sedikitnya hari kerja. Hal tersebut lantaran bulan lalu memang banyak libur panjang mengingat adanya Hari Raya Idul Fitri.

"Pasar otomotif di April turun 28,8 persen, ada Lebaran dan liburnya itu panjang karena hari kerjanya sedikit, hanya 19 hari. Ada mudik, baik konsumen dan kita yang libur, jadi turunnya sangat besar," ucap Marketing & Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, di Yogyakarta, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Daihatsu Pastikan Semua Produk di Indonesia Bebas Skandal Uji Tabrak

Meski ikut turun, namun Hendrayadi menjelaskan, secara keseluruhan penjualan Daihatsu masih menunjukkan performa yang baik, bahkan tetap mendapat angin segar.

Daihatsu memberikan diskon buat Sigra di IIIM 2023. Namun diskon mobil LCGC di kelas low MPV itu kecil terbilang kecil hanya Rp 3 juta. KOMPAS.com/Gilang Daihatsu memberikan diskon buat Sigra di IIIM 2023. Namun diskon mobil LCGC di kelas low MPV itu kecil terbilang kecil hanya Rp 3 juta.

Bila pasar otomotif secara year to date (ytd) karena adanya libur Lebaran pada April hanya tumbuh 6,1 persen dengan market 339,700 unit, untuk Daihatsu sendiri berhasil menjual sebanyak 14.001 unit.

"Turunnya 24,3 persen di banding Maret, tapi ytd April 2023 kita sudah menjual 71.600-an unit. Kalau dibandingkan ytd April tahun lalu Daihatsu naik 14,8 persen. Jadi kalau market otomotif hanya naik 6,1 persen, Daihatsu hampir dua kali lipat di atas market otomotif," ucap Hendrayadi.

Dengan kenaikan yang lebih besar tersebut, Hendrayadi mengklaim, market share Daihatsu jadi lebih tinggi, yakni sebesar 21,1 persen sampai dengan ytd April 2023, atau naik 1,6 persen dibanding ytd April 2022.

Sementara untuk komposisi penjualan per produk, secara keseluruhan Sigra masih memimpin dengan kontribusi sebesar 30,4 persen. Setelah itu ada Gran Max pikap, Terios posisi tiga dengan penjualan 14,3 persen, Xenia di urutan keempat, dan Ayla kelima dengan 11,7 persen.

Baca juga: Sensasi Jadi Penumpang Ayla Baru, Senyaman Apa dengan Headrest Pendek?

Produk Daihatsu dengan platform DNGAKOMPAS.com/STANLY RAVEL Produk Daihatsu dengan platform DNGA

Selanjutnya ada Gran Max minibus yang berkontribusi 5,6 persen terhadap penjualan Daihatsu sampai dengan April 2023. Posisi ketujuh ada Rocky, dilanjutkan Luxio, dan terakhir Sirion.

"Xenia dengan Ayla baru yang Maret kita luncurkan itu sebenarnya beda tipis," kata Hendrayadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com