Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Siapkan Motor Roadster Klasik R12 nineT, Pakai Mesin BMW R1200GS

Kompas.com - 12/05/2023, 15:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW mempersiapkan generasi baru dari motor naked roadster yang akan diberi nama R12 nineT. Motor ini sudah dipamerkan kepada beberapa jurnalis di markas BMW Motorrad di Munich, Jerman.

Dikutip dari Motorcyclenews, belum ada spesifikasi detail seperti apa generasi baru ini. Cuma dipastikan mesin yang digunakan berasal dari R1200GS, artinya mesin boxer dua silinder dengan kapasitas 1.170cc.

"Kami menggunakan paketan dari R1200, dari GS series dengan airbox dan juga rangkanya," ucap Edgar Heinrich, Head of Design BMW dikutip Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Anjuran Aman Naik Motor Bonceng Anak Kecil

BMW R12 nineT baru segera diperkenalkan November 2023motorcyclenews.com BMW R12 nineT baru segera diperkenalkan November 2023

Memang nantinya akan ada perubahan dari sisi ergonomis, mengingat basisnya dari motor adventure, bukan roadster.

Sejak awal diluncurkan, di 2013 R nineT sudah terjual sekitar 106.000 di seluruh dunia. Motor ini bisa dibilang sukses, menampilkan aura klasik tapi dengan sentuhan teknologi yang lebih mutakhir.

"Soal desain memang sangat baik (R nineT), tapi soal kebutuhan, memang tidak 100 persen cocok, kami harus memperbaiki ini, dengan motor yang baru," ucap Heinrich.

Baca juga: Ketahui Cairan Coolant Berkualitas yang Bagus untuk Radiator Mobil

Jadi target dari R nineT baru atau R12 nineT ini adalah membuat motor yang cocok, dinamis dengan pembaruan di sisi ergonomis.

Kalau dilihat secara kasat mata, sasis tubularnya ada sedikit revisi. Terutama pada bagian foot pegs atau tempat kaki pengendara yang dibuat lebih nyaman.

Mesin masih menjadi bagian dari mesin, ubahan yang terlihat seperti cover cylinder head, sedikit di bagian bodi dan desain pelek jari-jarinya. Kemiringan suspensi depan juga sedikit diubah, mempengaruhi rasa berkendara tentunya.

"Tentu kami tetap mempertahankan tampilannya yang historis, tapi di balik itu semuanya baru. Selain itu, motor juga harus mengikuti regulasi terakhir, dari Euro5 sampai emisi suara, ini tidak mudah," kata Heinrich.

Sama seperti R nineT, bisa saja generasi baru nanti akan tersedia dalam beberapa varian. Mungkin ada yang scrambler, cafe racer, dan berbagai jenis lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com