Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran Lebih Panjang, Diklaim Bawa Berkah bagi PO Bus

Kompas.com - 23/04/2023, 17:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Durasi Libur Lebaran 2023 yang panjang, yakni 19 April - 25 April 2023 membawa berkah bagi perusahaan otobus (PO).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Organda sekaligus Direktur Utama PO Sinar Jaya, Teddy Rusli mengatakan, lalu lintas di masa libur Lebaran 2023 terpantau lancar dibandingkan tahun lalu.

Sehingga angkutan umum bisa dengan mudah tersebar mengantarkan dan menjemput penumpang.

“Bahkan ada beberapa teman saya yang justru pulang kampung setelah Lebaran. Apalagi sekarang pergerakan masyarakat ada dua arah. Hal itu karena masyarakat kini tidak hanya tinggal di Jakarta saja, namun ada juga yang luar Jakarta, alhasil, ada pula pergerakan manusia dari suatu daerah menuju Jakarta,” kata Teddy kepada Kompas.com, sbtu (23/4/2023).

Baca juga: Banyak Program Mudik Gratis Belum Menggunakan Bus Laik Jalan

Bus AKAP di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (19/4/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Bus AKAP di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (19/4/2023).

Adapun kebijakan aturan lalu lintas yang diterapkan untuk mengatasi kemacetan libur Lebaran tahun ini, menurut Teddy sudah sangat baik.

Dengan sistem one way juga dijadikan contraflow membuat pergerakan lalu lintas tidak hanya satu arah. Alhasil, penerapannya membuat pergerakan kendaraan umum jadi lebih tersalurkan.

“PO kami mendukung ganjil genap karena kalau liburannya panjang jadi populasi kendaraan akan terbagi menjadi dua arah. Jadi menurut saya penerapan penerapan pengaturan lalu lintas di libur Lebaran tahun ini sudah sangat baik. Kita tinggal tunggu situasi arus baliknya saja,” kata Teddy.

Menurut Teddy, arus balik untuk musim libur Lebaran tahun ini belum bisa ditebak lantaran masih ada pergerakan yang melakukan mudik meski sudah Lebaran.

Baca juga: Awas Arus Balik, Hindari Lonjakan Kendaraan pada 24-25 April 2023

kondisi arus lalu lintas di tol Japek Km 57, Rabu (19/4/2023).KOMPAS.COM/FARIDA kondisi arus lalu lintas di tol Japek Km 57, Rabu (19/4/2023).

Sedangkan, pada tahun lalu, H -1 Lebaran sudah tidak ada pergerakan masyarakat lagi yang mudik.

“Jadi karena liburannya panjang sehingga merubah pola manusia,” kata Teddy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com