Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayla dan Agya, Serupa tapi Tak Sama

Kompas.com - 13/03/2023, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dan Daihatsu belum lama ini meluncurkan produk kolaborasi yang mengisi segmen low cost green car (LCGC). Model yang dimaksud adalah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Generasi awal keduanya meluncur pada tahun 2014, kini Daihatsu Ayla dan Toyota Agya hadir dengan desain yang lebih sporty dan modern.

Meski keduanya merupakan produk kembar, namun tentu saja tetap ada perbedaan. Toyota Agya hanya dibekali varian mesin 1.200 cc, namun ada tambahan model GR Sport yang membuat tampilan mobil ini lebih sporty.

Baca juga: Perbedaan Desain All New Agya dan Agya GR Sport

Sementara Ayla dibekali dua varian mesin yakni 1.000 cc dan 1.200 cc, dengan pilihan varian ADS untuk tampilan yang lebih sporty.

Lantas, apakah ada kemungkinan Toyota Agya mengambil pasar penjualan mobil murah tersebut? Mengingat pabrikan otomotif raksasa Jepang itu sudah memiliki nama besar.

Menjawab hal ini, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani menjelaskan, bahwa ada perbedaan secara produk untuk Daihatsu Ayla dan dengan Toyota Agya.

Toyota Agya GR SportKOMPAS.com/Adityo Toyota Agya GR Sport

“Kalau secara produk dari dulu kita berbeda dengan Agya, kita ada di 1.0 dan 1.2. Selain itu fokus Daihatsu adalah memberikan kemudahan bagi first buyer, karena concern-nya pertama sebagai low cost green car,” ucap Agung, saat ditemui di Jakarta Convention Center, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Agung menambahkan, sejak diluncurkan pada 2013 tidak pernah terjadi masalah dengan pihak Toyota Astra Motor (TAM). Sehingga kolaborasi yang dilakukan tidak bertabrakan.

“Ini mobilnya sudah dari 2013, dan tidak ada isu,” ucap Agung.

Baca juga: Suzuki Satria FU150, GSX 150 dan Address Kena Recall

Sebagai informasi, Ayla tersedia dalam 3 varian utama mulai dari varian M, X, dan R, ditambah varian aksesoris terlengkap ADS (Astra Daihatsu Styling).

Ayla ADS terdapat mulai varian X hingga R dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera pelanggan yang ingin tampil lebih stylish.

Berikut harga Daihatsu Ayla terbaru:

1.0 M MT Rp 134 juta
1.0 X MT Rp 146,9 juta
1.0 X CVT Rp 166,9 juta
1.0 X MT ADS Rp 152,8 juta
1.0 X CVT ADS Rp 172,8 juta
1.2 R MT Rp 164 juta
1.2 R CVT Rp 184 juta
1.2 R MT ADS Rp 169,9 juta
1.2 R CVT ADS Rp 189,9 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com