Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM Ayla Generasi Terbaru Bisa Tembus sampai 27,4 Kpl

Kompas.com - 08/02/2023, 12:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perodua Axia yang dijual di Malaysia merupakan kembaran Daihatsu Ayla. Mobil ini hadir dengan perubahan yang signifikan dibanding model yang saat ini masih dipasarkan.

Dikutip dari Paultan.org, Rabu (8/2/2023), Perodua merilis tampilan Axia anyar yang memperlihatkan lampu utama dengan teknologi LED dan Daytime Running Light (DRL). Desainnya terlihat lebih modern dan dinamis dibandingkan model sebelumnya.

Axia terbaru juga dikabarkan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan kode D74A. Untuk sektor jantung pacu, Axia bakal dibekali mesin EEV dengan D-CVT. Hanya saja tidak disebutkan apakah mesin yang dimaksud adalah mesin turbo atau tidak.

Baca juga: All New Ayla dan Agya Dikabarkan Pakai Mesin Turbo

Diprediksi Axia bakal mengusung mesin 1KR-VE 1.0 L tiga silinder VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 67 Tk dan torsi 91 Nm. Pilihan transmisinya hanya tersedia D-CVT, tidak ada pilihan transmisi manual.

All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di IndonesiaDok. Paultan.org All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di Indonesia

Untuk diketahui, D-CVT merupakan singkatan dari Dual-Mode CVT, sistem CVT gigi terpisah pertama di dunia. Pada dasarnya, unit ini menggabungkan penggerak sabuk dengan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, akselerasi saat berkendara dan kesenyapan.

Penggunaan girboks ini juga diklaim membuat konsumsi Perodua Axia anyar lebih irit. Masih menurut sumber yang sama, Perodua Axia memiliki konsumsi bahan bakar 25,3 Km per liter (kpl), bahkan sampai 27,4 kpl dengan sistem start-stop otomatis ECO Idle.

Baca juga: Daihatsu Ayla Baru Mau Dibekali Transmisi D-CVT, Apa Keunggulannya?

Hasil tersebut berdasarkan Malaysian Driving Cycle (MDC), dengan kondisi jalan setempat. Tentu hasil konsumsi bisa saja berbeda, tergantung dari gaya berkendara si pengemudi dan jalan yang dilalui.

Selain itu, Perodua Axia juga bakal dibekali fitur keselamatan canggih, mulai dari enam airbag dan Advanced Safety Assist (ASA). Bahkan di varian tertinggi disebut akan ada fitur Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitoring, dan Adaptive Cruise Control.

Rumors, dalam waktu dekat ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan Ayla dan Agya generasi terbaru. Lantas, apakah konsumsi bahan bakarnya sama seperti Axia di pasar Malaysia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com