Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VKTR Siapkan 3 Motor Listrik Tahun Depan, Harga Rp 20 Jutaan

Kompas.com - 26/12/2022, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Anak perusahaan Grup Bakrie PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) kini telah menggandeng PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (GAS), induk usaha PT Juara Bike, produsen kendaraan listrik dari merek Selis.

Pada tahun depan, perusahaan kabarnya sudah siap untuk meluncurkan tiga model motor listrik dengan harga kisaran Rp 20 jutaan.

Direktur Utama VKTR Gilarsi W Setijono, mengatakan, tiga model motor listrik itu antara lain tipe Value, Komersial, dan Trade.

Baca juga: Tol Cijago Seksi 3A Sudah Dibuka, Masih Gratis

Selis E-Max punya dua varian baterai yaitu baterai lithium ion dan baterai non lithium.KOMPAS.com/Gilang Selis E-Max punya dua varian baterai yaitu baterai lithium ion dan baterai non lithium.

“Sementara tiga model dulu. Target produksi di tahun depan mungkin belum banyak, karena untuk mendorong untuk bisa dikenal oleh masyarakat dulu. Ya minimal 10.000 unit, tapi target kita 5 tahun dari sekarang sejuta motor,” ujar Gilarsi di Jakarta (23/12/2022).

“Saya optimis TKDN kita nantinya di tahap awal sudah berada di angka 45 persen sampai 50 persen, dan seiring berjalannya waktu akan terus ditingkatkan hingga 90 persen,” kata dia.

Optimisme Gilarsi didasarkan pada TKDN yang telah dicapai oleh PT Juara Bike, yang telah memproduksi motor listrik tipe E-MAX dengan nilai TKDN mencapai 53,69 persen.

Baca juga: Daftar Motor yang Disuntik Mati pada 2022, Yamaha Terbanyak

Gilarsi menambahkan, tiga motor listrik tersebut nantinya bakal mengusung nama Vektor manufactured by Selis.

“Baterainya akan swapable, kenapa? Karena kita sadar juga yang memiliki sepeda motor kan enggak semuanya bisa dicas di rumah, yang rumahnya di rumah susun misalnya kan enggak mungkin diangkat ke atas,” ucap Gilarsi.

Adapun perihal harganya, Gilarsi mengatakan, banderol motor listrik akan bervariasi bergantung tipenya.

“Kalau Value adalah yang paling umum dipakai, mungkin targetnya Rp 20 jutaan ke atas. Kemudian Komersial kayak ojek, itu pasti harus di bawah Rp 20 jutaan. Terus satu lagi ada Trade, ini untuk kebutuhan logistik,” kata Gilarsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com