Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pajero Sport Tertimpa Truk | Cara Ampuh Cegah Kantuk | Fungsi Marka Chevron

Kompas.com - 24/12/2022, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita soal kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk pengangkut pasir dan Mitsubishi Pajero Sport menjadi perhatian banyak orang. Kecelakaan tersebut terjadi di daerah Cibubur, Jakarta Timur.

Selain itu, tak sedikit juga yang penasaran bagaimana cara ampuh mencegah kantuk saat sedang mengemudi di jalan tol. Tak ketinggalan, informasi mengenai fungsi marka chevron juga banyak membuat pembaca penasaran.

Berikut ini lima artikel terpopuler, Jumat (23/12/2022):

1. Kecelakaan di Cibubur, Pajero Sport Tertimpa Truk Saat Putar Balik

Truk yang membawa pasir hampir terguling dan menimpa Pajero saat mau putar balikINSTAGRAM/INFOCIBUBUR._ Truk yang membawa pasir hampir terguling dan menimpa Pajero saat mau putar balik

Kecelakaan terjadi di putar balik di seberang SPBU Shell Raffles Jl. Alternatif Transyogi Cibubur. Pada video yang beredar di media sosial, tampak truk berisi pasir hampir terguling dan menimpa Pajero yang ada di sebelahnya.

Mengenai kejadian tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, dari video tersebut, bisa diambil pelajaran untuk tidak berada di sekitar kendaraan besar.

Baca juga: Kecelakaan di Cibubur, Pajero Sport Tertimpa Truk Saat Putar Balik

2. Valentino Rossi Resmi Jadi Pebalap Tim Pabrikan BMW

BMW M4 GT3, mobil balap Valentino Rossi di Dubai 24 HoursTwitter WRT Racing Team BMW M4 GT3, mobil balap Valentino Rossi di Dubai 24 Hours

Daya tarik seorang Valentino Rossi masih tinggi di dunia balap. Begitu pula dengan hasratnya untuk balapan. Tak heran jika Rossi dikontrak oleh BMW M Motorsport sebagai pebalap resmi.

Selama satu musim belakangan ini, Rossi tergabung dalam tim balap W Racing Team (WRT) di Fanatec GT World Challenge. Tim tersebut sebelumnya menggunakan Audi.

Baca juga: Valentino Rossi Resmi Jadi Pebalap Tim Pabrikan BMW

3. Begini Cara Ampuh Cegah Ngantuk Saat Mengemudi di Jalan Tol

Ilustrasi mengantuk saat berkendara.albayan Ilustrasi mengantuk saat berkendara.

Perjalanan jauh ratusan atau ribuan kilometer tentu akan menyenangkan. Namun demikian, kesiapan fisik, mental, dan kendaraan harus fit. Berkendara di jalan tol kerap memicu kebosanan, lelah dan mengantuk atau biasa disebut microsleep.

Kejadian tersebut bahkan jadi penyebab kasus kecelakaan tertinggi, baik mobil pribadi, bus, dan truk pengiriman antar Pulau. Lantas apakah hal itu bisa dicegah?

Baca juga: Begini Cara Ampuh Cegah Ngantuk Saat Mengemudi di Jalan Tol

4. Menutup Kap Mesin Mobil yang Benar, Dibanting atau Ditekan?

Antusias masayarakat di peluncuran mobil Toyota Kijang Innova Zenix di Mal MatosNugraha Antusias masayarakat di peluncuran mobil Toyota Kijang Innova Zenix di Mal Matos

Bukan hanya sekedar aksesoris atau penutup mesin, kap mesin mobil punya fungsi penting pada kendaraan. Antara lain yang terpenting, ialah menjaga kestabilan suhu mesin dan peredam bunyi mesin.

Maka dari itu, usai pemilik mobil membuka kap mesin jangan pernah lupa untuk menutup kembali. Kendati sederhana, menutup kap mesin mobil ternyata tidak boleh dilakukan secara asal.

Baca juga: Menutup Kap Mesin Mobil yang Benar, Dibanting atau Ditekan?

5. Berkendara di Jalan Tol, Ketahui Fungsi Marka Chevron

Mulai 12-16 September 2022, ada lagi pekerjaan pengecatan marka jalan di sejumlah titik ruas Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi.Dok. Jasa Marga Mulai 12-16 September 2022, ada lagi pekerjaan pengecatan marka jalan di sejumlah titik ruas Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi.

Bagi yang menikmati libur Natal ke luar kota melewati jalan tol, pastinya akan sering menjumpai beberapa marka jalan yang tampilannya berbeda dengan di jalan arteri. Salah satunya adalah marka chevron atau serong.

Bentuknya berupa garis utuh yang biasanya terdapat pada tiap titik persimbangan jalan tol. Meski sudah sering dijumpai, tak sedikit dari pemilik mobil yang mengerti akan fungsi dari marka chevron tersebut.

Baca juga: Berkendara di Jalan Tol, Ketahui Fungsi Marka Chevron

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com