Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Liburan, Ini Waktu Tepat Lakukan Spooring dan Balancing Ban

Kompas.com - 22/12/2022, 15:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru 2023 tinggal hitungan hari. Bagi yang ingin berpergian menggunakan mobil, wajib untuk memastikan kondisinya lebih dulu.

Selain mesin, sektor kaki-kaki mobil juga begitu penting untuk diperhatikan. Apalagi bila menempuh perjalanan panjang melewati jalan tol.

Kondisi suspensi, kemudi, dan roda wajib dipastikan bekerja dengan baik, mengingat kebanyakan melaju dalam kecepatan tinggi. 

Terpenting adalah melakukan ritual spooring dan balancing. Nantinya, komposisi yang tepat akan menentukan seberapa nyaman dan aman mobil saat digunakan perjalanan jauh. 

Baca juga: Awas, Bahaya Berkendara Mobil Matik Pakai Sandal Jepit

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, spooring dan balancing bisa dilakukan tiap 10.000 kilometer (km).

Ilustrasi jalan tol Jakarta-Cikampek saat libur NataruDok. Jasa Marga Ilustrasi jalan tol Jakarta-Cikampek saat libur Nataru

"Kaki-kaki mobil untuk perjalanan jarak jauh ratusan atau ribuan kilometer di cek dahulu. Jika ada gejala stir bergetar, berbelok sendiri ke salah satu sisi, itu jadi kode untuk di spooring dan balancing," kata Bambang kepada Kompas.com, Kamis (22/12/2022). 

"Medan jalan tol yang panjang seperti di Tol Trans-Jawa atau Trans Sumatera butuh handling yang stabil. Apalagi ketika kecepatan diatas 100 kilometer per jam (kpj)," lanjutnya. 

Dalam proses spooring dan balancing, kaki-kaki mobil satu persatu juga akan dilakukan cek total. 

Bambang melanjutkan, perawatan tersebut sifatnya wajib, hal itu diharapkan membuat kondisi kaki-kaki dan ban benar-benar fit . 

Baca juga: H-5 Natal 2022, Kendaraan yang Tinggalkan Jakarta Meningkat 24 Persen

Bengkel resmi ToyotaDicky Aditya Wijaya Bengkel resmi Toyota

"Tie rod, rack end, dan shockbreaker depan maupun belakang di cek. Kaki-kaki yang sehat, akan membuat pengemudi dan penumpang betah berlama-lama untuk menikmati suasana perjalanan," ucapnya. 

Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia Aan Nugroho mengatakan, cek kondisi setelan spooring dan balancing bisa dilakukan sendiri. 

"Ketahuan dari setir stabil atau tidak. Kondisi fisik nanti malah lebih jelas lagi. Misalnya ban, aus sebelah, itu kan tandanya ada masalah," kata Aan. 

Baca juga: Berkendara Eco Driving, Bikin Mobil Matik Irit BBM Saat Liburan

Ban mobil habis sebelah disebabkan setelan spooring roda yang berubah Dicky Aditya Wijaya Ban mobil habis sebelah disebabkan setelan spooring roda yang berubah

Faktor utama berubahnya setelan kaki-kaki lantaran kondisi jalan, menurut Aan, mobil yang sering melewati jalan rusak, atau berlubang,  perawatan yang dibutuhkan tentu akan berbeda. 

"Kemungkinan lebih cepat dari jadwal semula, bisa 5.000 - 7.500 kilometer. Juga termasuk komponen-komponen kaki-kaki lainnya, suspensi, steering, dan sebagainya kan pastinya cepat aus," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com