Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Motor Listrik yang Bakal Dapat Insentif Rp 8 Juta

Kompas.com - 15/12/2022, 13:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong penetrasi mobil listrik di Indonesia, pemerintah telah memiliki program khusus melalui insentif yang bertujuan merangsang daya beli konsumen.

Aturan insentif untuk percepatan adopsi kendaraan listrik itu pun nampaknya bakal menjadi kenyataan dalam waktu dekat.

Tak hanya untuk mobil, insentif tersebut juga diberikan kepada motor listrik. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik yang Bakal Dapat Insentif Rp 80 Juta dari Pemerintah

Motor listrik yang baru tentu akan diberikan insentif nanti sekitar Rp 8 juta, sementara motor konversi menjadi motor listrik itu akan diberikan insentif sekitar Rp 5 juta rupiah,” ucap Agus Gumiwang, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).

Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta-Bali 2022 di Jakarta, Senin (7/11/2022)KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta-Bali 2022 di Jakarta, Senin (7/11/2022)

Menurut dia, pemerintah mensyaratkan subsidi itu diberikan terhadap kendaraan yang memiliki pabrik di Indonesia atau untuk kendaraan yang sudah diproduksi lokal. Sedangkan, untuk kendaraan listrik yang berstatus CBU atau completely built up belum dijelaskan lebih lanjut.

"Insentif akan diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik yang punya pabrik di Indonesia," kata Agus.

Artinya belum banyak produsen roda dua yang sudah melakukan perakitan motor listrik di Indonesia.

Bicara soal sepeda motor listrik tentu bisa dijadikan salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Mengingat lebih efisien penggunaan harian motor listrik, ini bisa menjadi pertimbangan untuk pemilik kendaraan roda dua yang ingin beralih ke motor listrik.

Bahkan saat ini ada juga penyedia baterai motor listrik yang menyediakan motor dengan baterai lepas-pasang. Biayanya ada di kisaran Rp 300.000 per bulan, di mana pemilik bisa bebas melakukan tukar baterai kapanpun selama masa berlangganan tersebut.

Baca juga: Perjalanan Toyota Kembangkan Hybrid hingga Jadi Pionir

Saat ini, ada sejumlah motor listrik yang sudah resmi meluncur dan dijual di Indonesia. Harga dan fitur-fiturnya pun beragam. Berikut daftar motor listrik yang ada di Indonesia, tapi tidak semuanya berstatus rakitan lokal.

  • Gesits G1 Rp 28 jutaan
  • Alva One Rp 34,9 jutaan
  • Niu Gova 03 Rp 23,8 jutaan
  • Volta Virgo Rp 15,4 jutaan
  • Selis E-Max Rp 28 jutaan
  • Viar Q1 Rp 18 jutaan
  • United T1800 mulai Rp 27,5 jutaan - Rp 34,2 jutaan
  • ECGO-2 Rp 11 jutaan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com