Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Praktik SIM di Wilayah Ini Berlangsung Sore Hari

Kompas.com - 21/08/2022, 19:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lulus ujian praktik menjadi salah satu syarat untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia. Maka dari itu, setiap pengemudi harus datang langsung di ke lokasi tempat ujian agar bisa mendapatkan SIM.

Jika biasanya ujian praktik pembuatan SIM dilakukan pagi menjelang siang, kini ada terobosan baru dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kota Salatiga pelayanan pembuatan atau perpanjangan SIM.

Baca juga: Mengenal Sprint Race, Aturan dan Cara Balapannya di MotoGP 2023

Terobosan tersebut berupa menggelar ujian praktik bagi pemohon SIM baru pada sore hari, yakni mulai pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Inovasi pelatihan ujian praktik SIM sore hari ini dilaksanakan setiap hari, Senin-Sabtu mulai pukul 15.00-17.00 WIB setelah pelayanan selesai. Kegiatan dilaksanakan bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun yang disediakan Satlantas Polres Salatiga,” kata Kasatlantas Polres Salatiga, AKP Betty Nugroho dikutip dari korlantas.polri.go.id, Minggu (21/8/2022).


Betty mengatakan jika warga yang ingin membuat SIM bisa langsung datang ke Satlantas Polres Salatiga di Jalan Diponegoro No. 82, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Warga yang ingin membuat atau memperpanjang SIM, harus terlebih dahulu menyiapkan berkas persyaratan yang dibutuhkan.

Mulai, KTP asli dan fotokopi, surat keterangan kesehatan dari dokter, surat keterangan lulus tes kejiwaan atau psikotes, dan lain-lain.

Baca juga: Cek Titik Parkir dan Shuttle Bus GIIAS 2022

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)Kompas.com/Oik Yusuf Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Cek kesehatan bisa dilakukan di klinik kesehatan yang tersedia di belakang Kantor Satlantas Polres Salatiga yang jaraknya sekitar 100 meter.

Selama tes kesehatan, pemohon akan diperiksa tekanan darah, daya penglihatan, tinggi badan maupun berat badan. Sementara untuk tes psikologi, pemohon SIM diminta menjawab pertanyaan yang sesuai dengan kepribadian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com