Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Usir Ngantuk Saat Berkendara Motor Jarak Jauh

Kompas.com - 25/04/2022, 13:31 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Walau telah diimbau pemerintah untuk tidak melaksanakan mudik dengan sepeda motor, namun potensinya masih cukup besar.

Bagi yang terpaksa mudik dengan motor, selain memeriksa kondisi kendaraan pastikan berangkat dengan kondisi tubuh yang prima.

Mengendarai motor dengan kondisi jalan yang macet dan jarak jauh, tentunya menguras tenaga. Apalagi dilakukan dengan tetap berpuasa.

Baca juga: Hati-hati, Ini Jam Rawan Kecelakaan Berkendara Saat Mudik

Terkadang ketika masih di jalan, rasa kantuk juga datang akibat kelelahan. Hal ini tentu berbayah bila dipaksakan tetap berkendara.

Lalu bagaimana cara mengatasi ketika rasa kantuk datang saat berkendara?

Head of Safety Riding promotion Wahana Agus Sani mengatakan, awal penyebab kantuk karena kelelahan dan kurang oksigen yang salah satunya disebabkan aliran darah tak lancar.

“Cara untuk menghilangkan kantuk yaitu dengan istirahat dan minum air mineral. Kemudian bisa lakukan olah tubuh (pemanasan),” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Baca juga: Terpaksa Mudik Menggunakan Motor, Jangan Sepelekan Persiapannya

Pemanasan yang dilakukan bisa dengan melakukan peregangan ringan pada bagian-bagian lutut, tangan, dan bahu agar aliran darah kembali lancar.

Rombongan bLU cRU Fun Riding ?Road to Mandalika? touring ke Lombok Utara.Foto: Yamaha Rombongan bLU cRU Fun Riding ?Road to Mandalika? touring ke Lombok Utara.

“Jangan lupa untuk membuka helm agar lebih enak peregangannya. Untuk mencegah ngantuk saat berkendara yaitu melakukan pemanasan sebelum riding dan cukup istirahat,” ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com