Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Dilakukan Biker, Gerimis Malah Ngebut

Kompas.com - 25/02/2022, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi cuaca saat ini memang sedang tidak menentu, kadang hujan turun tiba-tiba setelah siang yang panas. Ketika hujan turun, pengemudi mobil harus lebih waspada akan pengendara motor yang mengebut.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia di Instagram. Kondisi cuaca di video tersebut nampak sedang gerimis, mobil sudah menyalakan lampu sein kanan untuk masuk ke gerbang komplek.

Namun, dari arah belakang datang motor yang menyalip dari kanan dan dalam kecepatan cukup tinggi. Beruntung pengemudi nampaknya melihat motor tersebut sehingga bisa mengerem dan menghindari tabrakan.

Baca juga: Dilarang Freestyle Motor di Jalan Raya, Berbahaya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Menanggapi kejadian seperti itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada dua perbedaan perilaku pengendara motor saat hujan deras dan rintik-rintik.

“Saat hujan deras, semua pengendara motor akan berteduh, jarang ada yang melanjutkan perjalanan kecuali terpaksa. Saat rintik-rintik, semua pengendara tancap gas, tidak cari tempat teduh tapi ingin secepatnya tiba di tempat tujuan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (24/2/2022).

Bisa dilihat kedua pengendara motor tadi tidak memakai jas hujan. Bisa saja memang pengendara tidak ingin meneduh dan tetap melanjutkan perjalanannya.

Baca juga: Hyundai Patenkan Teknologi Pintu Belakang Model Geser ke Atas

“Yang bahaya adalah hujan rintik-rintik, karena pengendara motor jarang mengerem dan selalu berjalan zig-zag,” ucap Sony.

Bagi pengemudi, harus lebih hati-hati saat mengemudi di bawah hujan rintik-rintik. Pastikan kondisi di sekitar mobil benar-benar aman sebelum melakukan manuver karena banyak pengendara motor yang tancap gas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com