Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Layani Trayek Angkutan Kota di Mataram

Kompas.com - 10/01/2022, 16:50 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Perum DAMRI kini menambah rute baru, khususnya untuk warga Kota Mataram. memiliki jumlah penududuk lebih kurang 400.000 jiwa, DAMRI membuka lima rute bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Lima kota tersebut adalah Lunyuk, Labangka, Empang, Maluk, dan Taliwang. Untuk tarifnya pun beragam, mulai dari Rp 90.000 sampai Rp 130.000 dan dilayani dengan bus ber-AC maupun non-AC.

PLT. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri mengatakan, pengoperasian rute tersebut merupakan komitmen DAMRI dalam memberikan nilai tambah untuk pelanggan, salah satunya dengan meningkatkan pelayanan agar lebih mudah dan terjangkau.

Baca juga: Aksi Pelemparan Batu Terjadi di Jalan Tol Medan, Korban Luka-luka

Bus AKDP DAMRI di MataramDOK. DAMRI Bus AKDP DAMRI di Mataram

"DAMRI juga memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan tiket, yaitu dengan menghubungi kontak DAMRI Cabang Mataram di nomor telepon 0878 6574 8544, atau melalui aplikasi DAMRI Apps dengan batas pemesanan paling lambat 3 jam sebelum waktu keberangkatan," ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (10/1/2022).

Lalu bisa melakukan pembayaran di berbagai platform digital seperti OVO, LinkAja, Traveloka, RedBus, GoPay, Mandiri, dan gerai Alfamart maupun Indomaret di seluruh Indonesia.

Pandemi Covid-19 memang masih melanda di Indonesia, oleh karena itu, seluruh operasional yang dijalankan DAMRI tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat selama perjalanan, hal tersebut mengacu pada standar operasional prosedur D-5K, yaitu Keselamatan, Kesehatan, Keamanan, Ketepatan, dan Kenyamanan pelanggan dan pramudi.

DAMRI senantiasa mengimbau seluruh pelanggan untuk menerapkan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobitilas, dan menjauhi kerumunan.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Kekurangan Mobil Mesin Diesel

Berikut beberapa rute AKDP Mataram yang beroperasi melalui berbagai tempat, diantaranya:
- Lunyuk, dengan rute dari Mataram - Kopang - Mantang - Masbagik - Aikmel - Pelabuhan Kayangan - Pelabuhan Poto Tano - Alas - Utan Rhee - Sumbawa Besar - Lenang Guar - Lunyuk. Jam operasional pukul 06.00 WITA, dengan tarif Rp 100.000 untuk layanan AC, sedangkan sebesar Rp 90.000 untuk layanan non-AC.

- Labagka, dengan rute dari Mataram - Kopang - Mantang - Masbagik - Aikmel - Pelabuhan Kayangan - Pelabuhan Poto Tano - Alas - Utan Rhee - Sumbawa Besar - Lape - Langam - Plampang - Labangka. Jam operasional pukul 06.00 WITA dan 08.30 WITA, dengan tarif Rp 120.000 untuk layanan AC, sedangkan Rp 110.000 untuk non-AC.

- Empang, dengan rute dari Mataram - Kopang - Mantang - Masbagik - Aikmel - Pelabuhan Kayangan

- Pelabuhan Poto Tano - Alas - Utan Rhee - Sumbawa Besar - Lape - Langam - Plampang - Empang. Jam operasional pukul 07.30 WITA dan 21.00 WITA, dengan tarif Rp 130.000 untuk layanan AC, sedangkan Rp 110.000 untuk non-AC.

- Maluk, dengan rute dari Mataram - Kopang - Mantang - Masbagik - Aikmel - Pelabuhan Kayangan - Pelabuhan Poto Tano - Seteluk - Taliwang - Maluk. Jam operasional pukul 06.00 WITA dan 20.00 WITA, dengan tarif Rp 95.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com