Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Pertahankan Harga Jual Mobil Agar Tidak Jatuh

Kompas.com - 16/08/2021, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini harga jual kembali atau resale value atas suatu kendaraan masih menjadi suatu hal penting bagi pembeli maupun penjual. Terlebih, bila mobil terkait nantinya bakal dijual lagi setelah pemakaian dalam waktu tertentu.

Hendro Kaligis, Head of Business Developmet PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa secara umum ada dua cara sederhana mempertahankan harga jual kembali mobil agar tetap tinggi.

"Pertama, mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi. Jadwal perawatan berkala ini sudah disusun sedemikian rupa untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Kunci Mobil Hilang, Apa Tindakan yang Harus Dilakukan Kemudian?

Ilustrasi pilihan mobil bekas di Suzuki Auto Value.DOK. SUZUKI Ilustrasi pilihan mobil bekas di Suzuki Auto Value.

Hal ini merupakan rahasia umum yang juga diyakini oleh pembeli mobil bekas. Oleh karena itu, hal pertama yang dilakukan oleh calon pembeli mobil bekas adalah melakukan pengecekan apakah mobil dirawat secara berkala di bengkel resmi.

Jika tidak, pembeli mobil bekas akan ragu dan enggan memberikan penawaran yang tinggi.

Cara kedua ialah memiliki asuransi dengan perlindungan komprehensif yang menyertakan klausul bengkel resmi dan penggunaan suku cadang asli (genuine part).

"Faktanya, hampir 90 persen mobil di perkotaan mengalami kerusakan body, mulai dari lecet-lecet minor hingga kerusakan karena benturan atau tabrakan sehingga butuh perbaikan di diler terpercaya," ujar Hendro.

"Mengingat, saat melakukan pengecekan body mobil, umumnya pembeli mobil bekas dapat merasakan hasil perbaikan yang dilakukan apakah memiliki standar yang tinggi atau rendah, dan hal tersebut berpengaruh besar terhadap penawaran yang diajukan," lanjutnya.

Baca juga: Xpander Penyumbang Penjualan Mitsubishi di Dunia dan Indonesia

Ilustrasi jual beli mobil bekas.Dok. iStock/Fahroni Ilustrasi jual beli mobil bekas.

Di Suzuki sendiri, kata Hendro, tersedia perlindungan mobil yang komprehensif melalui Suzuki Insurance, yaitu produk asuransi resmi yang ditawarkan secara eksklusif kepada pemilik kendaraan Suzuki.

Pada layanan ini, pemilik akan dilindungi melalui layanan bengkel resmi (authorized workshop) dan penggunaan suku cadang asli (genuine part).

“Suzuki melalui layanan Auto Value tetap memberikan penawaran mobil bekas dengan harga tinggi, terutama pada mobil-mobil yang mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi. Auto Value sendiri adalah layanan mobil bekas resmi dari Suzuki Indonesia,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com