Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antiribet, Cuci Visor Helm Bisa Pakai Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 04/08/2020, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu komponen penting pada helm yaitu visor alias kaca. Visor berfungsi untuk melindungi mata dari debu atau air saat hujan. Karena sering bertemu debu dan air hujan, visor cenderung mudah kotor.

Agar lebih nyaman, visor bisa dibersihkan rutin, agar kebersihannya terjaga. Salah satu jurus membersihkannya, adalah dengan memakai cairan khusus pembersih visor. Saat ini, sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan praktis yang tinggal disemprot ke visor.

Tapi, jika merasa membeli cairan khusus pembersih visor merepotkan dan tidak ramah kantong, ada solusi antiribet, yaitu dengan menggunakan sabun cuci piring atau sampo.

Baca juga: Kijang Innova dan Fortuner Kena Recall, Bagaimana Mendeteksinya?

Visor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara.Donny Dwisatryo Priyantoro Visor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara.

Pegiat komunitas pencinta helm Belajar Helm, Ahmad M mengatakan mencuci visor helm dengan sabun cuci piring aman untuk dilakukan, namun perlu dibilas dengan air mengalir dan dilap lembut menggunakan jari untuk menghilangkan debu halus.

Mencuci visor helm dengan sabun cuci piring boleh dilakukan, karena biasanya cepat membersihkan kotoran. Kalau cuci pakai detergen, malah meninggalkan bercak putih di helm,” kata Ahmad kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain sabun cuci piring, sampo juga bisa digunakan untuk membersihkan visor helm. Ahmad mengatakan kalau sampo aman untuk mencuci visor, apalagi sampo bayi, memiliki kadar ph yang tinggi.

Baca juga: Paham Teknik Kickdown Mobil Matik, Bisa Selamatkan Diri di Tanjakan

Membersihkan visor bisa memakai sampo bayi. Karena kadar ph nya, memakasi sampo bayi tidak menimbulkan efek samping pada visor,” ucap Ahmad.

Perlu diingat bagi pemilik helm, jangan pernah mengelap visor saat kering. Karena debu halus yang menempel di visor dan dilap dengan kain, malah mengakibatkan baret halus yang bisa mengganggu pandangan pengendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com