Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Ruang Mesin Mobil Jadi Sarang Tikus karena WFH

Kompas.com - 06/07/2020, 15:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa sebagian orang untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). Sehingga, mobil menjadi jarang digunakan dan lebih banyak terparkir.

Kondisi tersebut perlu diwaspadai menjadi timbulnya permasalahan baru, salah satunya adalah ruang mesin mobil yang menjadi sarang tikus. Hewan pengerat tersebut bisa bersarang di mana saja, khususnya tempat yang gelap dan kotor.

Baca juga: Kompartemen di Motor Matik yang Rawan Jadi Sarang Tikus

Kriteria tersebut bisa saja ruang mesin mobil, karena gelap, tertutup, dan jarang orang yang membersihkan bagian tersebut.

Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.Ari Purnomo Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.

Jika pemilik kendaraan tidak menyadari hak tersebut, bisa saja tikus yang bersarang akan menggigit dan memutus kabel kelistrikan mobil. Tentu akan sangat merepotkan jika mobil sudah menganut sistem injeksi, di mana memiliki kelistrikan yang lebih rumit.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, kejadian ini juga sering menimpa para konsumennya. Tidak sedikit pemilik mobil mengeluh kabel mobilnya putus karena digigit tikus.

“Ada yang mengalami kerusakan itu karena kabel digigit tikus, biasanya tikus kan meninggalkan jejak seperti kotoran maupun jejak kakinya. Itu yang mungkin mengundang tikus yang lain untuk datang,” ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Selain Tikus, Ini Binatang yang Doyan Bersarang di Mobil

Didi menambahkan, bersarangnya tikus di ruang mobil biasanya dikarenakan mobil terparkir cukup lama atau jarang digunakan. Selain itu, bisa juga karena lokasi parkirnya di luar rumah, dekat dengan selokan atau tempat sampah.

Keberadaan tikus di dalam ruang mesin memang sulit terdeteksi. Hal itu baru diketahui ketika mobil tiba-tiba mengalami kerusakan dan setelah dilakukan pengecekan ternyata ada sejumlah kabel yang terputus.

Ilustrasi tikus Ilustrasi tikus

Tikus itu kan hewan pengerat, ya mungkin untuk menghindari giginya tumbuh terus dia menggigit apa saja yang ada di ruang mesin. Bisa plastik bisa juga kabel-kabel,” ucap Didi.

Didi menambahkan, jika kabel-kabel sudah putus, bisa dirangkai atau diperbaiki sendiri jika pemiliknya memahami jalur kelistrikan pada mobil. Tapi, sebaiknya tetap dibawa ke bengkel agar dikerjakan oleh teknisi yang berpengalaman dan dilakukan pengecekan lebih jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com