Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara UVO Peduli Tanggap Siaga Bencana

Kompas.com - 13/01/2020, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - United Voluteer Otomotif (UVO) Peduli, gerakan independen dari berbagai klub dan komunitas otomotif di membuka Posko Rescue Siaga Banjir di Motovillage, Jakarta Selatan.

Posko siaga banjir ini rencananya akan dibuka selama sebulan pada 1-31 Januari 2020. Jangka waktu yang cukup lama ini sengaja dibuat mengingat potensi bencana alam dirasa masih bisa terjadi di awal tahun.

Baca juga: Komunitas Supercar Bali Tembus Aspal Nusa Penida

Sigit Permadi, panitia UVO Peduli, mengatakan, tujuan pendirian posko siaga ini tak lain menampung sumbangan dari komunitas, klub dan peggiat otomotif agar bantuan kepada korban bencana tersebut lebih terstruktur.

"Tujuannya agar sumbangan dan barang dari teman-teman otomotif maupun di luar itu yang nantinya kita dorong ke flying camp IOF Rescue yang ada di Jakarta maupun Jawa Barat dan Banten," kata Sigit, kepada Kompas.com, Sabtu (11/12/2020).

UVO Peduli buka posko siaga banjir di Motovillage JakartaKOMPAS.com/Gilang UVO Peduli buka posko siaga banjir di Motovillage Jakarta

Posko Rescue Siaga Banjir dari UVO Peduli ini kata Sigit,didukung oleh banyak pihak dari komunitas otomotif, meski banyak diantaranya memang dari anggota Indonesian Off-Road Federation (IOF).

"Saat ini kita kerjasama sdengan Motovillage, Kemang Village, dan banyak klub serta komunitas otomotif lain baik roda empat dan roda dua dan tentunya kita lapor ke IOF Jakarta kita bangun posko di sini," katanya.

Sigit yang juga anggota IOF mengatakan, Posko siaga banjir ini rutin mengirimkan bantuan kepada para korban. Bahkan setiap hari pihaknya bisa mengirimkan logistik sebanyak dua sampai tiga kali, tergantung kondisi.

Charity Garage Sale di Motovillage  KOMPAS.com/Gilang Charity Garage Sale di Motovillage

Donasi

Selain membuka posko siaga banjir, Motovillage sebagai penyedia tempat juga membuka acara charity garage sale atau program diskon sambil berdonasi untuk membantu para korban bencana banjir.

"Papabro, dan yang lain, kita juga (IOF) ada garage sale, penjualannya nanti kita sisihkan untuk korban bencana ya. Minimal 20 persen buat korban bencana. Bahkan ada yang melelang mobil buat charity," kata Sigit.

Tak lupa, pada Sabtu (11/1/2020), Motovillage juga membuat acara doa bersama untuk para korban bencana banjir yang terjadi di awal tahun. Acara dilaksanakan dengan hikmat dan dipimpin oleh komunitas Bikers Dakwah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com