Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tahun Baru, Konsumsi Pertamax Turbo Meningkat

Kompas.com - 31/12/2019, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi harian Pertamax Turbo naik hingga 36 persen dari rata-rata harian 805 kilo liter (KL) menjadi 1.098 KL jelang perayaan Tahun Baru 2020.

PT Pertamina (Persero) menyatakan, konsumsi gasoline pada masa Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) naik 3,7 persen dibanding rata-rata harian. Adapun penjualan bahan bakar minyak (BBM) yang permintaannya meningkat ialah Pertamax series.

"Beroperasinya ruas tol baru balik di Trans Sumatera, Trans Jawa, maupun jalan tol di Kalimantan menjadi pemicu permintaan bahan bakar berkualitas semakin meningkat. Hal ini untuk menunjukkan kesadaran konsumen pentingnya BBM yang bisa mendukung performa kendaraan agar terus prima selama perjalanan Nataru," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman di keterangan resminya, Selasa (31/12/2019).

Baca juga: Jelang Malam Tahun Baru, Ganjil Genap Sore Tidak Berlaku

Pertamina Foto: Istimewa Pertamina

Ia juga menyatakan bahwa selama masa Satgas, ketahanan stok seluruh jenis BBM dalam kondisi aman berada di atas standar nasional yang ditetapkan. Ketahanan stok Pertamax Turbo tercatat paling tinggi, berada pada 37 hari.

Sementara Pertamax 18 hari, Pertalite 18 hari, Premium 21 hari, dan Avtur 18 hari.

“Pertamax Turbo merupakan produk unggulan Pertamina yang memiliki oktan paling tinggi diantara produk BBM yang dijual di SPBU di Indonesia,” ujar Fajriyah.

Pertamina, tambah Fajriyah, juga telah mengamankan stok B30 dalam jumlah yang cukup selama masa Satgas. Total stok B30 tercatat 509 ribu KL dengan penyaluran harian mencapai 66 ribu KL. Stok tersebut merupakan persediaan di TBBM, belum termasuk stok di kilang dan kapal.

“Memasuki tahun baru 2020, seluruh SPBU Pertamina telah siap menjual B30. Masyarakat bisa menikmati B30 melalui produk biosolar dan Dexlite. Kelebihan B30 adalah lebih ramah lingkungan dan bersahabat dengan mesin kendaraan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com