Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Jokowi yang Dipakai Off-Road Tanpa Suspensi Belakang

Kompas.com - 19/12/2019, 17:47 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memiliki ketertarikan yang cukup tinggi terhadap sepeda motor custom. Bahkan, saat kunjungan kerjanya ke perbatasan RI-Malaysia, Jokowi mengendarai sendiri motor custom miliknya yang bergaya chopper.

Chopper yang dibangun dengan basis Kawasaki W175 ini menggunakan ban aspal dan sasis rigid tanpa peredam kejut belakang. Meski demikian, Jokowi tetap terlihat santai mengendarainya melewati jalur off-road.

Baca juga: Melihat dari Dekat Kawasaki W175 Milik Jokowi

Adalah Andi Akbar, builder Katros Garage, yang melakukan penggarapan motor tersebut pada akhir tahun lalu. Menurut mantan freestyler ini, proses rancang bangun memakan waktu selama dua bulan.

Presiden Joko Widodo (tengah) melintasi jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). Kunjungan kerja Presiden ke Kabupaten Nunukan diantaranya untuk meninjau proyek jalan Trans Kalimantan, program padat karya, dan meninjau Pos Lintas Batas Negara Indonesia-Malaysia.ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras Presiden Joko Widodo (tengah) melintasi jalan Trans Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019). Kunjungan kerja Presiden ke Kabupaten Nunukan diantaranya untuk meninjau proyek jalan Trans Kalimantan, program padat karya, dan meninjau Pos Lintas Batas Negara Indonesia-Malaysia.

Selain dari sisi model, fokus pengerjaan juga dari sisi ergonomi dan durabilitas yang ikut diperhitungan menyesuaikan pilihan desain yang dipilih mantan Gubernur DKI itu.

Baca juga: Ini Detail Chopper Kawasaki W175 Milik Jokowi

Posisi berkendara juga ikut diperhitungkan. Pria yang akrab disapa Atenk tersebut sempat meminta seorang temannya yang memiliki tinggi dengan Jokowi untuk dijadikan model mendapatkan posisi duduk yang nyaman.

Pesona motor custom Jokowi di IIMS Motobike Expo 2019Kompas.com/Donny Pesona motor custom Jokowi di IIMS Motobike Expo 2019

"Semuanya kami persiapkan dan pikirkan betul-betul. Sampai-sampai saya minta teman saya yang tingginya sama dengan Pak Jokowi, untuk duduk dan merasakan apakah posisi duduknya sudah nyaman atau belum," ujar Atenk, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Data spesifikasi Kawasaki W175 Chopper Jokowi:
Sasis: Custom
Pelek depan: Ring 16
Ban depan: 5.00-16
Tangki bahan bakar: Custom (pelat galvanis 1,2 mm)
Cover body: Custom (pelat galvanis 1,2 mm)
Spakbor depan dan belakang: Custom (pelat galvanis 1,2 mm)
Knalpot: Custom
Jok: Custom
Lampu depan: LED Aftermarket 5.75 inci
Lampu belakang: LED Aftermarket
Lampu sein: LED Aftermarket

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com