Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpul Komunitas Sekaligus Ajang Balap Lurus

Kompas.com - 15/12/2019, 16:50 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Ratusan pebalap ramaikan kejuaraan drag race bertajuk Indodrag Championship pada FDR Day di di Alun-alun Tigarasa, Tangerang, Banten.

Helatan yang digelar dua hari mulai Sabtu, (14/12/2019) ini terdiri dari 13 kelas drag race. Mereka memperebutkan piala Kapolres di FDR Day dengan hadiah jutaan rupiah.

"Selain itu, juara umum Indodrag Championship akan mendapatkan hadiah Honda Genio," kata Zandhy Utama, FDR Sales & Marketing Division Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) di keterangan resminya, Minggu (15/12/2019).

Baca juga: Misi di Balik Berdirinya Komunitas Tesla Indonesia

FDR Day FDR Day

Setiap peserta yang mendaftar ajang tersebut akan mendapat satu set ban FDR untuk digunakan saat balapan. Adapun ban yang didapat ialah FDR Drax ukuran 50/90-17 TT untuk ban depan dan Drax Slick ukuran 60/80-17 TT untuk ban belakang.

Peserta drag race juga akan diberikan dukungan teknis yaitu jasa pemasangan ban gratis. Sebanyak 1.200 ban Drax telah dipersiapkan.

"Fasilitas sama bisa juga dinikmati bagi para pengunjung yang membeli ban FDR," kata Zandhy.

Sebagai informasi, Drax Slick merupakan ban balap drag race baru yang memiliki konstruksi berbeda. Bentuknya tidak kotak, tapi profil ban seperti huruf "U".

"Ini menguntungkan karena setelah start, pebalap jadi bisa memacu motornya lebih cepat untuk raih catatan waktu yang lebih baik," ujar Technical Service & Development Department PT SRI, Jimmy Handoyo.

Baca juga: Nitrogen Bisa Tangkis Ban Motor Cepat Kempis di Udara Dingin

FDR Day FDR Day

Selain itu, ban FDR Drax Slick menggunakan soft compound untuk daya cengkeram maksimal. Drax Slick juga tidak punya kembangan sehingga cocok digunakan di trek kering.

"Kami harap masukan dari pembalap yang sudah menggunakan ban FDR bisa kami gunakan untuk terus meningkatkan performa ban balap drag FDR," ujarnya.

Tak hanya kumpul komunitas, acara ini juga membawa pesan penting, yakni daur ulang plastik bekas menjadi barang baru yang bermanfaat. Dalam hal ini, FDR berkerja sama dengan Kampung Berseri Astra.

“Sebagai apresiasi, setiap pengunjung yang sudah registrasi akan dapat tambahan maksimal lima kupon undian berhadiah motor di FDR Day saat mereka mengumpulkan botol plastik bekas tersebut,” kata Taufik Nugraha dari bagian corporate social responsibility FDR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com