Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pebalap MotoGP Gemar Latihan Motor Dirt Track

Kompas.com - 05/11/2019, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pebalap MotoGP pasti melakukan latihan, baik latihan fisik di tempat kebugaran maupun menggunakan motor. Salah satu latihan motor yang banyak dilakukan adalah balapan di dirt track atau lintasan tanah.

Balapan dirt track merupakan balapan yang biasanya dilakukan di atas lintasan pasir atau tanah, mengendarai motor trail. Latihan motor ini banyak dipilih karena dianggap tidak terlalu berbahaya dibanding latihan motor lainnya.

Baca juga: Rossi Mengaku Enjoy Meski Gagal Naik Podium

Imanuel Pratna, pebalap nasional yang juga pernah mengikuti Mastercamp, mengatakan, latihan motor di dirt track berguna untuk melatih atau mengasah kemampuan berkendara di ajang balap.

Valentino Rossi latihan motor bersama pebalap lain di atas sirkuit dirt trackInstagram @valeyellow46 Valentino Rossi latihan motor bersama pebalap lain di atas sirkuit dirt track

"Selain melatih riding skill, tentunya juga melatih fisik saat di atas motor," ujar Imanuel, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Imanuel yang juga pernah balapan di World Supersport 300 (WSS300) menambahkan, balapan di dirt track lebih bermanfaat untuk kontrol gas dan mengenal perilaku motor.

Baca juga: Ubah Gaya Balap, Rossi Mulai Kompetitif

"Jadi, saat balapan dengan motor road race (aspal), bisa lebih mengerti harus mengambil tindakan apa saat motor berperilaku tidak normal," kata Imanuel.

Salah satu pebalap yang sering latihan motor di dirt track adalah Valentino Rossi. Bahkan, Rossi memiliki sirkuit dirt track pribadi di rumah untuk melakukan latihan bersama pebalap muda yang juga murid-muridnya di VR46 Academy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com