Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik KTM di Indonesia Siap Beroperasi Akhir 2019

Kompas.com - 28/10/2019, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) KTM akan memiliki pabrik perakitan di Indonesia.Tempat memproduksi sepeda motor KTM ini dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir 2019.

Pabrik ini sebenarnya sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu, namun baru bisa dioperasikan pada Desember 2019. Sebab, sempat mengalami masalah perizinan, tetapi sekarang diklaim sudah rampung.

"Perizinannya sudah selesai. Kita akan mulai trial produksi Desember ini," ujar Presiden Direktur PT PJLM Kristianto Goenadi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: KTM Duke 200 Ini Pakai Tambahan Turbocharger

Saat ini, KTM sudah memiliki pabrik di China dan Chennai, India, serta di Asia Tenggara ada perakitan di Thailand dan Malaysia.

Dengan hadirnya pabrik yang akan dibangun di Gresik, Jawa Timur, ini diharapkan bisa meningkatkan produksi motor KTM dan meningkatkan target penjualan di kawasan Asia.

Penjualan motor selama Telkomsel IIMS 2019 mencapai lebih dari seribu unit.Kompas.com/Donny Penjualan motor selama Telkomsel IIMS 2019 mencapai lebih dari seribu unit.

Kris menambahkan, untuk tahap awal, pabrik ini akan mulai merakit motor sport dengan kapasitas mesin 200 cc dan 250 cc.

Diharapkan total kandungan dalam negeri (TKDN) tahap awal mencapai 10 persen dan meningkat bertahap menjadi 20 persen. Sedangkan untuk kapasitas perakitannya, bisa mencapai 200 unit per hari.

Baca juga: Kabar Terbaru soal Pabrik KTM di Indonesia

Namun, Kris pernah menampik kabar dengan hadirnya pabrik KTM akan menurunkan harga motor tersebut. Menurutnya, harga motor KTM sekarang sudah cukup bersaing.

Adanya pabrik di Indonesia hanya akan mempercepat proses administrasi (dokumentasi, surat kendaraan, pemesanan) saja, dari yang biasanya satu bulan bisa menjadi satu minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com