Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Teknis Daihatsu Rocky Terbaru dengan Model Lawas

Kompas.com - 25/10/2019, 11:01 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada gelaran Tokyo Motor Show 2019, Daihatsu memamerkan mobil konsep yang besar kemungkinan bakal diproduksi massal dengan nama Rocky. Rocky sendiri sebelumnya sudah terkenal sebagai produk SUV tangguh yang keluar 1980-an sampai 1990-an.

Meski mengusung nama yang sama, sejatinya kedua produk ini berbeda konsep. Rocky model baru memiliki bodi kompak dan dinamis, khas SUV perkotaan. Dari dimensinya, Rocky terbaru berukuran (PxLxT) 3.995 mm x 1.695 mm x 1.620 mm.

Berbicara soal dapur pacu, Rocky terbaru mengusung mesin bensin 996 cc turbo dengan tenaga 96 dk dan torsi 140 Nm. Tersedia pilihan mesin lain berkapasitas 1.200 cc, disinyalir merupakan mesin Sigra yang bertenaga 86 dk dan torsi 105 Nm.

Baca juga: Sejarah Singkat Daihatsu Rocky, SUV yang Pernah Populer di Indonesia

Daihatsu Rocky secara global diproduksi tahun 1984-2002automobile-catalog.com Daihatsu Rocky secara global diproduksi tahun 1984-2002

Sementara itu melansir dari Automobile Catalog, Rocky model lawas mengusung bodi mengotak yang terkesan gagah. Dimensinya sekitar (PxLxT) 3.840 mm x 1.690 mm x 1.850 mm.

Perbedaan mencolok ada di sisi mesin, yang menggunakan mesin diesel 2.765 cc dengan tenaga sebesar 76 dk dan torsi 245 Nm. Serta jangan lupa, bahwa mobil ini juga dilengkapi dengan penggerak empat roda (4x4).

Di samping itu, dari sektor kaki-kaki pun ada perbedaan. Rocky lawas masih menggunakan per daun di keempat roda guna menunjang performanya di medan offroad.

Baca juga: Model Baru Segera Meluncur, Harga Daihatsu Rocky Bekas Termurah Rp 60 Jutaan

Rocky jadi salah satu varian Daihatsu Taft yang berpenggerak 4x4olx.co.id Rocky jadi salah satu varian Daihatsu Taft yang berpenggerak 4x4

Pada Rocky F78, tersedia juga model kaki-kaki yang telah diganti menggunakan suspensi independen di depan dan per keong, yang membuat bantingan mobil ini lebih nyaman dibanding model sebelumnya.

Sedangkan pada Rocky model terbaru, meski belum diungkap secara detil, disinyalir akan menggunakan suspensi tipe MacPherson Strut di depan dan Semi Independent dengan Torsion Axle Beam di belakang yang membuatnya terasa lembut di medan perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com