Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Resmi Dilantik, Kapan Jokowi Pakai Mobil Baru?

Kompas.com - 21/10/2019, 08:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk periode 2019-2024 berlangsung pada Minggu, (20/10/2019). Kegiagan ini dihadiri sejumlah kepala negara dan utusan negara sehabat.

Seperti diketahui, periode ini mobil dinas Presiden dan Wakil akan diganti. Masih menggunakan merek yang sama, namun Jokowi dan Ma'ruf Amin akan menunggangi model Mercedes-Benz S600 Guard seri terbaru yang didatangkan langsung dari Jerman.

Baca juga: Sewa Mobil Hingga Rp 1 Miliar buat Kawal Pelantikan Jokowi dan Amin

Ketika menanyakan hal ini, Deputy Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia (MBI) Hari Arifianto, menjelaskan pihaknya tidak bisa menjelaskan kapan mobil tersebut dikirim dan akan dipakai oleh Jokowi.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden, Maruf Amin memberikan keterangan pers setelah acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden, Maruf Amin memberikan keterangan pers setelah acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

"Sepengetahuan saya, unit untuk Presiden dan Wapres dilakukan pengaturan khusus. Mohon maaf sebelumnya informasi ini perlu dikoordinasikan dengan Setneg terlebih dahulu," kata Hari kepada Kompas.com, Minggu (20/10/2019).

Hari mengatakan, hal tersebut merupakan kebijakan perusahaan. Bukan hanya karena konsumennya kali ini merupakan presiden, namun apapun yang berkaitan dengan data konsumen tidak bisa disebutkan.

Baca juga: Mirip Presiden Jokowi, BJ Habibie Punya Hobi Naik Moge

"Karena dari Daimler, bahkan untuk kendaraan pelanggan reguler kami tidak bisa memberikan informasi terkait kendaraan yang dipesan tanpa seijin pemesan/pelanggan. Hal ini terkait undang-undang perlindungan pelanggan. Jadi kami harus menghormatinya," katanya.

Sebelumnya, Jokowi menggunakan Mercy S600 Pullman Guard sebagai mobil dinas. Hanya saja, mobil itu adalah lungsuran dari Presiden RI sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Dikabarkan, mobil dinas Jokowi itu sudah sering mengalami kerusakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com