Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Masih Bersandar pada Brio

Kompas.com - 13/10/2019, 15:01 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat pertumbuhan penjualan positif di tiga bulan pertama semester kedua 2019, yakni dari Juli hingga September. Jumlah pencapaiannya diklaim lebih tinggi dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selama tiga bulan tersebut, Honda berhasil menjual 38.152 unit mobil di Indonesia, sedikit lebih besar dari data tahun lalu yang hanya 37.422 unit. Penyumbang utama datang dari keluarga city car, yakni Brio.

Dalam waktu tiga bulan, Honda meraih penjualan Brio sebanyak 18.466 unit. Dari jumlah tersebut, Satya yang paling laris diserap pasar, yaknu 14.200 unit, dan sisanya oleh Brio RS.

Baca juga: Brio Satya Mendominasi Penjualan Honda

Menurut Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, pencapaian Honda di semester kedua mengalami tren positif meskipun secara umum kondisi pasar masih belum normal.

Honda di GIIAS 2017.HPM Honda di GIIAS 2017.

"Meskipun pasar otomotif secara umum masih mengalami tekanan, Honda memasuki semester kedua di tahun ini dengan tren positif karena didukung produk-produk yang diminati konsumen, juga berbagai program penjualan yang memberikan nilai lebih bagi konsumen," kata Yusak dalam keterangan resminya, Sabtu (12/10/2019).

Selain Brio, kontributor terbesar kedua Honda juga diraih oleh HR-V yang terjual sebanyak 6.471 unit. Untuk model yang paling laku adalah varian 1.500 cc yang terserap 5.979 unit.

Mobilio sendiri penjualannya masih belum menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mobil yang bermain di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) ini hanya mampu terjual 4.563 unit, setelah itu disusul oleh Honda Jazz sebanyak 3.075 unit.

Baca juga: Harga Ertiga, Livina, dan Mobilio Naik di Oktober 2019

Honda Mobilio di GIIAS 2019 Honda Mobilio di GIIAS 2019

Pamor Honda BR-V juga mulai meredup. Selama tiga bulan, BR-V hanya terjual 1.356 unit, bila digabungkan dari data penjualan di semester awal dari Januari sampai Juni yang mencapai 1.622 unit, selama sembilan bulan Honda baru menjual BR-V sebanyak 2.978 unit.

Jumlah akumulasi tersebut kalah dibandingkan penjualan CR-V yang lebih laris, yakni 2.968 unit. Sedangkan bila digaubung sejak Januari hingga September, secara total penjualan CR-V sudah mencapai 6.868 unit.

Sepanjang tahun 2019, Honda telah mencatat 109.691 unit untuk penjualan retail. Sementara khusus di September, penjualan retail Honda tercatat sebanyak 12.323 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com