Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulitnya Miliki Mobil Klasik yang Langka, Tak Cukup Hanya dengan Uang

Kompas.com - 26/09/2019, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan mobil-mobil klasik yang langka dan eksotis hadir di Concours d'Elegance di Hotel Four Seasons, Jakarta. Para pemiliknya bukanlah orang sembarangan. Sebab, tak mudah untuk bisa memiliki mobil-mobil tersebut.

Stanley Atmadja, pencetus Concours d'Elegance pertama di Indonesia, mengatakan, bahwa mendapatkan mobil klasik itu tidak gampang. Sebab, mobil klasik ini rata-rata datangnya juga dari kolektor mobil.

Baca juga: Mobil Pertama di Dunia Ada di Concours dElegance, Jakarta

"Mereka juga tidak sembarangan melepas mobilnya begitu saja. Kita harus bisa meyakinkan kolektor mobil tersebut bahwa kita bisa menjaga mobil klasik yang akan dijualnya," ujar Stanley, kepada Kompas.com, di sela-sela acara Concours d'Elegance, beberapa waktu lalu.

Aston Martin DB5 satu-satunya di Indonesia hadir dalam Concours dElegance.Kompas.com/Donny Aston Martin DB5 satu-satunya di Indonesia hadir dalam Concours dElegance.

Stanley menambahkan, para kolektor tersebut tidak mau mobilnya dijual ke orang lain, tapi nanti orang itu menjualnya kembali untuk cari untung.

"Rata-rata kesulitannya justru di situ. Bagaimana mendapatkan kepercayaan dari si pemilik sebelumnya untuk menjual mobilnya kepada kita," kata Stanley.

Baca juga: Deretan Mobil Klasik di Concours d’Elegance

Soal harga mobilnya sendiri, sudah pasti mobil klasik yang langka akan dibanderol dengan harga yang tinggi, sekalipun kondisinya masih bahan atau belum mengalami restorasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com