Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Komponen Lokal Wuling Diklaim 55 Persen

Kompas.com - 26/09/2019, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) saat ini memiliki empat model yaitu Formo, Confero, Cortez, dan Almaz. Semuanya diproduksi di pabrik Wuling Indonesia di Cikarang, Jawa Barat.

Tingkat komponen lokal pada masing-masing model bervariasi, namun rata-rata, diklaim sudah di atas 40 persen. Tingkat Komponen dalam negeri (TKDN) paling besar yakni Confero disusul Cortez dan terakhir Almaz.

Baca juga: Wuling Mulai Ekspor Almaz Ketiga Negara

"Masing-masing komponen lokal Confero 55 persen, Cortez 47 persen, dan Almaz 43,5 persen," kata Xu Feiyun, Presiden Direktur Wuling Motors saat seremoni ekspor Chevrolet Captiva di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (25/9/2019).

Wuling Cortez bermesin Tirbo resmi meluncur di IIMS 2019KOMPAS.com/STANLY RAVEL PATTIWAELAPIA Wuling Cortez bermesin Tirbo resmi meluncur di IIMS 2019

Pria asal China itu mengatakan, ke depan SGMW Motor Indonesia akan terus berusaha meningkatkan kandungan lokal pada tiap produk yang dijual di Indonesia maupun untuk pasar ekspor.

"Kita selalu berusaha mengembangkan komponen lokal, seperti diketahui kita ada supplier parts di situ ada belasan supplier yang diproduksi di Indonesia. Kita juga menggunakan komponen yang disediakan perusahaan lain sekitar 30 perusahaan," kata Xu.

Baca juga: Wuling Almaz Paling Banyak Diekspor ke Thailand untuk Chevrolet

Sasar Ekspor

Xu mengatakan, dengan jumlah investasi yang tidak sedikit saat ini pihaknya akan fokus untuk pasar domestik karena merupakan salah satu pasar yang paling seksi. Namun ke depan juga akan menjadi basis produksi bagi Asia Tenggara.

"Saat kita membangun SGMW pastinya tujuan pertama pastinya untuk pasar domestik Indonesia yang besar, dan kemudian menjadi markas produksi untuk menuju Asia Tenggara, dan disini menjadi pilar penting penjualannya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com