Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan Satu Lagi Mobil Ramah Lingkungan

Kompas.com - 17/09/2019, 13:15 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2019 ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah banyak sekali memperkenalkan produk barunya. Tidak cukup sampai di situ, Toyota ternyata sedang menyiapkan satu lagi mobil ramah lingkungan.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mebeberkan bahwa Toyota berencana untuk memperkenalkan mobil ramah lingkungan dengan model plug-in hybrid.

Baca juga: Sama-sama Hybrid, Corolla Altis dan Camry Beda Segmen

"Tapi ini sebenarnya lebih banyak tugasnya TMC (Toyota Motor Corporation) sebagai principal. Sebab, kita minta izin mereka untuk mengenalkan mobil tersebut di Indonesia," ujar Anton, di sela-sela peluncuran New Calya, di Jakarta, Senin (16/9/2019).

All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019 All New Toyota Corolla Altis Hybrid 2019

Anton menambahkan, Toyota akan mendukung program pemerintah yang sedang menggalakkan kendaraan elektrifikasi, tidak hanya dengan hybrid biasa, tapi juga dengan plug-in hybrid.

"Kita masih menunggu, tapi kita berharap kalau bisa di tahun ini, masih ada waktu sekitar tiga bulan lagi," kata Anton.

Namun, PT TAM baru mengajukan ke TMC tahun ini. Sementara Anton menyebutkan, biasanya, kalau model baru itu setidaknya dua tahun. Makanya, tergantung dari principal nanti.

"Ini kita lagi berusaha dan berharap bisa mulai di tahun ini," ujar Anton.

Baca juga: Corolla Altis Jadi Sedan Hybrid Murah Toyota

Soal harga, Anton mengatakan hitung-hitungan yang sekarang belum final dan dari principal juga belum merespons. Tapi, Toyota menargetkan harganya akan di bawah Rp 1 miliar.

"Tapi kenyataannya sangat tergantung. Sebab, ini kan impornya dari Jepang. Sekarang ini, Yen juga lagi menguat sekali. Makanya, kita juga harus hitung kembali," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com