Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Mobil Toyota Terlaris di Calon Ibu Kota Baru

Kompas.com - 29/08/2019, 17:29 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Indonesia direncanakan akan pindah ke Kalimantan Timur. Meski saat ini sebagian wilayahnya merupakan perkebunan dan pertambangan, nyatanya tak harus mobil besar yang paling laku di sana.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, untuk merek Toyota, mobil keluarga terutama kelas bawah dan menengah seperti Avanza, Calya dan kemudian Innova masih paling laris.

Baca juga: Modifikasi Ringan Mobil Menteri Presiden Jokowi

"Saya terus terang belum dapat data modelnya apa saja. Tapi tidak jauh dengan yang model-model nasional (keseluruhan), seperti Avanza, Calya, Innova," kata Anton di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Penampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya.Dewantoro Penampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya.

Anton menyimpulkan, mobil keluarga laris sebab Kalimantan Timur punya beberapa kota besar seperti Balikpapan dan Samarinda. Karakternya dua kota itu ialah kota perdagangan, sehingga butuh mobil penumpang.

"Kalimantan Timur cukup banyak kota besar bukan hanya tambang. Kota perdagangan butuh mobil penumpang. Walau boleh kita katakan komposisi segmen komersial di sana memang tinggi dibandingkan Jawa," katanya.

Baca juga: 30.000 Unit Rush Sudah Masuk Bengkel Terkait Recall

Anton mengatakan Fortuner cukup diminati di Kalimantan Timur. Hanya saja dia belum punya data penjualan tiap model. Termasuk juga Avanza, Calya, dan Innova yang disebutnya menyumbang penjualan terbanyak.

"Tahun 2018 total penjualan Toyota di Kaltim setahun 6.245 unit, rata-rata 520 unit per bulan. Tahun ini 2019, sampai Juli sudah menjual 3.330 unit jadi rata-ratanya 476 unit per bulan," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com