Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Utama Rem Parkir Otomatis pada Mobil

Kompas.com - 27/08/2019, 16:40 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang kita dengar ada kasus mobil terjun dari gedung parkir. Rata-rata penyebabnya adalah kelalaian dari pemilik mobil yang tidak mengaktifkan rem tangan.

Sugiartono, Technical Training & Service Manager DFSK Motors, menjelaskan cara kerja dari EPB yang otomatis mampu mengaktifkan rem tangan tanpa perlu disentuh oleh pemilik mobil.

Baca juga: Mengenal Kelebihan Electronic Parking Brake DFSK

"EPB itu akan benar-benar mengunci atau aktif saat mesin dimatikan. Jadi, orang tidak akan lupa lagi untuk mengaktifkannya sebelum meninggalkan mobil," ujar Sugiartono, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Electronic Parking Brake (EPB)Kompas.com/Donny Electronic Parking Brake (EPB)

Sugiartono menambahkan, kondisi lain yang mampu mengaktifkan automatic lock dari EPB adalah pada saat kondisi mesin hidup, mobil berjalan di bawah 10 kpj atau berhenti, dan pintu pengemudi terbuka.

Baca juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Electronic Parking Brake

Menurutnya, sering kali kasus mobil terjun dari gedung parkir itu karena pemilik mobil yang lupa menarik rem tangan atau mengaktifkannya ketika meninggalkan mobil.

Para pabrikan otomotif juga sudah mulai menyematkan fitur EPB di mobil-mobil modern sekarang ini. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa ditemui di mobil-mobil berkelas premium saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com