Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki W175 di Indonesia Bebas dari Recall

Kompas.com - 11/08/2019, 09:30 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memastikan bahwa motor Kawasaki model W175 yang dijual di Indonesia tidak memiliki masalah mesin dan bebas dari penarikan kembali atau recall.

Hal tersebut dipaparkan langsung oleh Head & Sales Promotion KMI Michael C Tanadhi saat dimintai keterangan tentang kampanye recall W175 di Vietnam.

"Meski based production-nya di Indonesia, W175 di sini aman (dari recall)," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).

Spesifikasi Kawasaki W175 yang berada di Indonesia, lanjut Michael, berbeda dengan Vietnam. Motor bergaya retro tersebut sudah memiliki beberapa fitur tambahan salah satunya yang bisa menjaga volume bensin agar tidak tumpah saat ada guncangan keras.

Baca juga: Dilema Ojol Bila Harus Gunakan Motor Listrik

"Produksinya benar dari Indonesia, lalu ke Thailand (ekspor). W175 di Vietnam itu didistribusi dari Thailand dimana sudah ada beberapa penyesuaian," jelas dia.

Sebelumnya, Kawasaki Vietnam mengumumkan penarikan kembali W175 produksi 2018 sebanyak 66 unit. Motor diindikasi memiliki masalah nose yang tidak normal di sisi kiri mesin saat motor bergerak.

Hal ini terjadi karena terdapat masalah pada bagian thermostat crankshaft, sehingga memungkinkan mur longgar ketika motor terus digunakan dan menyebabkan camchain slip. Dalam kasus terburuk, bakal mengakibatkan kerusakan pada camshifting dan mesin.

Recall Kawasaki W175 dilakukan mulai 5 Agustus 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com