Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Beli Mobil Bekas Perlahan Beralih ke Online

Kompas.com - 10/07/2019, 06:32 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil88 merupakan diler mobil bekas yang berada di bawah naungan PT Astra International. Selain lewat showroom, terhitung sejak Mei 2019 konsumen bisa membeli mobil bekas secara online di mobil88 melalui aplikasi.

Melalui aplikasi mobil88 e-store, konsumen tidak perlu lagi datang ke showroom karena bisa melihat mobil yang akan dibeli lewat foto yang tersedia. Bahkan, melakukan transaksi pembayaran pun bisa dengan online.

Menurut Halomoan Fischer, Presiden Direktur mobil88, secara persentase untuk sekarang masih banyak yang membeli mobil bekas datang ke showroom, tetapi perlahan tren itu berubah menjadi online.

"Buktinya baru dua bulan kita resmikan aplikasi itu, penjualan secara online bisa sama seperti di cabang kecil kita. Artinya diterima oleh masyarakat, dan masyarakat percaya pada kami," ucap Fischer ketika ditemui Kompas.com di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Selasa (9/7/2019).

Baca juga: Wajib Cek Kelengkapan Surat saat Beli Mobil Bekas

Fischer menjelaskan, dalam beberapa tahun ke depan tren itu akan terus tumbuh sampai akhirnya lebih banyak orang yang membeli mobil bekas lewat aplikasi ketimbang datang langsung ke showroom.

 SERA meluncurkan tiga aplikasi baru yaitu mobil88 es-store, TRAC To Go, dan IBID Live Action.KOMPAS.com/Gilang SERA meluncurkan tiga aplikasi baru yaitu mobil88 es-store, TRAC To Go, dan IBID Live Action.

"Kita percaya itu, makanya kita mulai dan menjadi yang pertama. Ke depan, masyarakat juga akan semakin percaya membeli barang secara online dengan harga ratusan juta rupiah, sekarang saja sudah banyak yang mulai percaya," kata dia.

Sekarang ini, kata dia beli mobil bekas secara online baru bisa dilakukan di Jakarta dan Surabaya, tetapi ke depan mobil88 akan terus meningkatkan pelayanan sehingga dapat dinikmati oleh seluruh konsumen di Indonesia.

"Tetapi ada juga yang minta diantar sampai ke luar kota, itu berkat kepercayaan konsumen kepada kami. Pembeli mobil bekas secara online juga hampir sama dengan pembeli konvesional, dari mulai harga hingga model," ujar Fischer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com