Wajib Cek Kelengkapan Surat saat Beli Mobil Bekas

Kompas.com - 08/07/2019, 06:22 WIB
Membeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan. SHUTTERSTOCKMembeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas kini menjadi alternatif buat sebagian masyarakat, karena dengan harga lebih terjangkau model yang tersedia pun cukup beragam.
Tetapi, jangan terlena, Anda harus tetap hati-hati aplagi mengenai urusan kelenglapan surat.

Selain eksterior, interior dan sektor jantung pacu, pembeli juga harus lebih teliti lagi mengenai surat, seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK), buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) dipastikan lengkap dan semuanya asli, tidak palsu.

"Jadi kami menyarankan agar di cek dulu kelengkapan surat-suratnya. Terkadang suka ada yang tidak lengkap atau palsu," ucap Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji kepada Kompas.com pekan lalu di Jakarta.

Baca juga: Kenaikan BBNKB Bisa Mengulur Tenor Kredit Mobil Bekas

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi pajak dan usahakan langsung melakukan balik nama agar tidak terjadi kekeliluran. Belum lagi, usai menjual mobil itu harus segra diurus blokir data yang tertera di STNK.

"Agar tidak kena pajak progresif, jadi sehabis menjual mobil itu minta diurus atau datang langsung ke Samsat terdekar untuk diblokir. Tidak bayar cukup mengisi formulir dan memenuhi persyaratan seperti foto copy KTP dan STNK mobil yang sudah dijual, beberapa jam juga selesai," kata Sumardji.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.