Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalanan Sepi Jakarta Dimanfaatkan Penggemar Otomotif

Kompas.com - 05/06/2019, 09:33 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur Lebaran dimanfaatkan sejumlah orang dengan berbagai kegiatan. Bagi masyarakat Jakarta, Lebaran diidentikkan dengan suasana kota yang terbebas dari kemacetan.

Kondisi jalanan sepi ini juga dimanfaatkan berbagai komunitas otomotif untuk merasakan suasana setahun sekali tersebut. Berdasarkan pantauan Kompas.com, jalan Sudirman dan MH Thamrin jadi tempat berkumpulnya penggemar roda empat dan roda dua.

Komunitas yang memanfaatkan jalanan sepi ini adalah pemilik mobil sport Ferrari. Belasan Ferrari berbagai jenis berkonvoi di sekitaran kawasanan Senayan, Jenderal Sudirman dan MH Thamrin.

Mobil tersebut memanfaatkan jalanan sepi kawasan pusat kota Jakarta untuk "berlari". Mobil-mobil sport seperti Ferrari memang jarang mendapat kesempatan untuk memaksimalkan mesinnya di jalanan Ibukota.

Baca juga: Diskon Motor Sport 250cc di Jakarta Fair, Ninja Rabat Rp 4 Juta

Komunitas otomotif manfaatkan jalan lengan Jakarta di Lebaran hari pertamaKompas.com/Setyo Adi Komunitas otomotif manfaatkan jalan lengan Jakarta di Lebaran hari pertama

Komunitas lain yang memanfaatkan kondisi sepi jalanan adalah komunitas roda dua baik moge maupun motor-motor kecil. Bersama dengan anggoa kelompoknya mereka meriuhkan suasana kota Jakarta yang sepi dengan deru mesinnya.

Berbagai jenis motor seperti Ducati, BMW Motorrad, Triumph, Vespa, Piaggio bergantian melintas di kawasan Bundaran HI. Suasana yang jarang terlihat ketika hari biasa atau Minggu ketika jalanan ditutup untuk kegiatan hari bebas kendaraan bermotor.

Dilaporkan sejak H-7 sampai H-5 kemarin sebanyak 553.116 kendaraan telah meninggalkan Jakarta. Jumlah ini dikatakan meningkat 32 persen dari lalu lintas harian yang berkisar di angka 418.000-an. Diperkirakan total 756 ribu kendaraan akan keluar dari Jakarta saat Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com