Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Balap Marquez yang Makin Sempurna

Kompas.com - 30/05/2019, 14:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

MUGELLO, KOMPAS.com - Beberapa kali penonton MotoGP dibuat kagum oleh kepiawaian Marc Marquez membawa motornya, apalagi ketika ia nyaris terjatuh. Saat grip ban depannya hilang, Marquez bisa dengan sigap mengangkat motornya kembali.

Sekali terjadi, mungkin orang-orang akan bilang itu hanyalah kebetulan. Tapi, apa yang dilakukan Marquez tersebut sudah berkali-kali. Bahkan, hampir terlihat "normal" melihat pebalap asal Spanyol tersebut melakukannya.

Bukan hanya penonton atau penggemarnya yang mengagumi kemampuannya mengatasi momen akan jatuh tersebut. Jack Miller dan Cal Crutchlow diketahui juga kagum akan kemampuan sang juara dunia bertahan tersebut.

Baca juga: Marquez Sudah Terlalu Akrab dengan Honda RC213V

"Dia tidak begitu banyak membuat kesalahan, dan sekalipun dia melakukannya, dia masih mampu menyelamatkannya," ujar Miller, kepada Motorsport.com.

"Beberapa kali saat dia masuk tikungan, saya pikir dia akan menyentuh kerb dan terjatuh. Tapi dia mampu berhenti, mengangkat motornya kembali tanpa kehilangan banyak waktu. Dia mampu melakukan manajemen kesalahan dengan baik," sambungnya.

Begitu pula dengan Crutchlow, yang juga sama-sama menggunakan RC213V. Pebalap asal Inggris ini mengaku sudah lima tahun menggunakan Honda, namun belum pernah sekalipun melakukan hal yang sama seperti Marquez.

Baca juga: Marquez Persembahkan Kemenangan ke-300 Honda di MotoGP

"Saya bisa melihat data bagaimana dia melakukannya, tapi tidak ada yang bisa melakukannya, sesederhana itu," kata Crutchlow.

Kemampuan unik Marquez menurut Crutchlow ada pada saat masuk dan di tengah tikungan. Menurutnya, Marquez mampu menggunakan rem depan dan belakang dengan sangat baik untuk mengontrol motornya.

Crutchlow dan Miller sepakat, Marquez dan motornya yang sekarang untuk sementara ini adalah kombinasi yang tak terkalahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorsport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com