Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Sudah Terlalu Akrab dengan Honda RC213V

Kompas.com - 22/05/2019, 14:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

LE MANS, KOMPAS.com - Marc Marquez musim ini sudah mendominasi tiga dari lima seri yang sudah berjalan. Ketiga kemenangannya tersebut pun diraih dengan cukup sempurna. Menurut Marquez, motor RC213V tahun ini sangat membantunya untuk menentukan berbagai strategi.

"Normalnya, saat cuaca dingin kami kesulitan. Ini adalah pertama kalinya kami balapan menggunakan ban depan tipe soft, tapi tahun ini kami mampu membalap dengan dua-tiga cara berbeda," ungkap Marquez, dilansir dari Motorsport.com.

Baca juga: Usai GP Le Mans, Marquez Masih Kukuh di Puncak Klasemen

Marquez mengaku bisa menggali seluruh potensi dari RCV, mulai dari menggunakan ban yang berbeda, gaya balap yang berbeda, hingga strategi balap yang berbeda.

"Ini membuat saya percaya diri untuk lebih konstan, ini perbedaan utamanya. Tahun lalu, saya kuat di kualifikasi, mungkin sekarang tidak terlalu kuat. Tapi saya sekarang lebih kuat dalam hal kecepatan saat balap," jelas Marquez.

Baca juga: Marquez Persembahkan Kemenangan ke-300 Honda di MotoGP

Sementara Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow, keduanya tidak bisa menggali potensi RCV seperti yang Marquez lakukan. Lorenzo masih kesulitan untuk beradaptasi dan menilai motor Honda tidak 'ramah pebalap'.

Crutchlow sendiri mengatakan motor yang sekarang jauh berbeda dibanding musim lalu. RCV tahun ini memang dirasa memiliki peningkatan tenaga di sektor mesin. Namun, Crutchlow merasa sektor lain jadi korbannya, yakni kestabilan bagian depan motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com