Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Keamanan Dashcam Juga Awasi Kabin Kendaraan

Kompas.com - 04/05/2019, 12:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur kamera perekam perjalanan saat ini banyak ditawarkan untuk tambahan keamanan. Fitur ini bahkan sudah menjadi standar beberapa produk premium roda empat yang peduli dengan keinginan konsumennya untuk selalu merekam aktivitas di jalan raya terkait klaim saat kecelakaan.

Fitur yang biasa disebut dashcam ini juga hadir di arena aksesori di ajang Telkomsel IIMS 2019 di hall B dan C JI Expo Kemayoran. Berbagai produk ditawarkan dengan beragam keunggulan.

Tapi apa alasan calon konsumen mau menambah fitur ini di kendaraan mereka?

“Saat ini konsumen yang memasang perangkat dashcam pada mobilnya karena sudah pernah mengalami pengalaman tidak enak di jalan. Seperti debat kusir dengan orang lain karena tabrakan dan sebagainya. Mereka biasanya terpikir untuk memasang perangkat ini,” ucap Direktur PT Whiteeast Indonesia, distributor Blackvue Indonesia, Rudy Ham saat ditemui belum lama ini.

Rudy mengungkapkan, beberapa tahun lalu keberadaan dashcam belum menjadi pertimbangan pemilik kendaraan. Namun seiring waktu dengan banyaknya pengguna jalan di jalan raya semakin meningkatkan kemungkinan berbagai masalah dengan orang lain.

Perkembangan taksi online juga membantu meningkatkan kepopuleran fitur dashcam ini. Beberapa produsen menyediakan kamera yang menghadap ke dalam kabin untuk keselamatan selama berkendara dengan orang lain.

“Jadi ini ada pencegahan tindak kejahatan juga. Ada produk yang rekamannya langsung terkirim ke penyimpan data Cloud. Dari situ bisa diakses langsung oleh pengguna juga produsen untuk mengumpulkan data perilaku berkendara dan lainnya,” ucap Rudy.

Baca juga: Syarat Pasang Fitur Kamera 360 Derajat di Mobil Kesayangan

Ragam aksesori dashcam di arena Telkomsel IIMS 2019Kompas.com/Setyo Adi Ragam aksesori dashcam di arena Telkomsel IIMS 2019

Ragam Produk

Di pameran tahunan ada beberapa produk daschcam yang patut mendapat perhatian. Pertama dari model Blackvue Taksi yang menghadirkan 4 varian baru yakni Blackvue Cloud 4K, Blackvue Cloud FullHD, Blackvue Wifi dan Blackvue Simple dengan kisaran harga Rp 3 jutaan sampai Rp 7 jutaan.

Masing-masing varian memiliki keunggulan seperti kualitas gambar 4K, penyimpanan Cloud, penghubung dengan aplikasi dan sensor gerakan saat mobil dalam kondisi mesin mati di parkiran. Fitur terakhir ini untuk menjaga mobil dari tindakan kejahatan selama parkir di luar ruang.

Produk lainnya hadir dari merek Raiton serta Carinn. Kedua merek ini menghadirkan fitur perekam kamera dari perangkat kaca spion tengah kabin mobil.

Fitur yang terdapat di dalamnya adalah kamera untuk depan serta kamera belakang. Tampilan kamera belakang hadir di layar kaca spion tengah yang memudahkan pengendara saat ingin memarkirkan kendaraannya. Produk ini dibanderol mulai Rp 850 ribu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com