Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Model S Jadi Taksi Blue Bird

Kompas.com - 22/04/2019, 09:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan taksi Blue Bird hari ini, Senin (22/4/2019) berencana memperlihatkan armada taksi bertenaga listriknya untuk pertama kali kepada awak media. Namun sebelum acara tersebut, beberapa foto memperlihatkan wujud armada taksi tersebut.

Di media sosial nampak armada taksi Blue Bird tersebut menggunakan mobil listrik Tesla. Model yang digunakan adalah model S 75 D yang nampak tengah diisi dayanya.

Ini tentu berbeda dengan penampakan armada taksi Blue Bird di media sosial beberapa waktu lalu yang menggunakan mobil listrik China dengan merek BYD. Dalam foto yang beredar nampak Tesla digunakan pada armada SilverBird yang lebih eksklusif.

Terdapat dua unit Tesla Model S 75 D yang terlihat dalam gambar yang beredar tersebut. Masih belum diketahui kapan kedua unit ini akan digunakan di jalan raya, informasi yang mungkin akan hadir pada acara konferensi pers siang ini.

Baca juga: Selain BYD, Blue Bird Juga Pakai Tesla?

Armada taksi listrik Blue Bird menggunakan Tesla Model S 75DFacebook / Zulfikri Armada taksi listrik Blue Bird menggunakan Tesla Model S 75D

Tesla Model S 75D berdasarkan spesifikasi mampu menempuh jarak 390 kilometer dalam sekali pengisian daya. Mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 4,4 detik dengan kecepatan maksimal 225 kilometer per jam. Tenaga dari motor listriknya hadir sebesar 333 PS dan torsi 525 Nm.

Mobil ini menggunakan baterai berkapasitas 75 kWH dengan pengisian daya menggunakan kabel tipe 2. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya dari kosong hingga penuh adalah 5 jam 15 menit.

Sebelumnya, melalui informasi dari Kementerian Perhubungan diketahui Blue Bird sudah melakukan uji coba untuk armada taksi listriknya BYD. Untuk Tesla, diketahui Blue Bird juga sudah memasang instalasi fast charging untuk pengisian daya armada taksi listriknya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com