Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajaran dari Kecelakaan Beruntun Tol BSD

Kompas.com - 12/04/2019, 18:24 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelajaran yang bisa diambil dari kecelakaan beruntun di ruas tol BSD arah Ulujami, Jumat (12/4/2019), yakni pengguna kendaraan bermotor harus lebih waspada, berkonsentrasi penuh dan mematuhi aturan serta rambu lalu lintas. Minimal, jika patuh terhadap semua itu bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir pun mengimbau kepada pengguna kendaraan agar selalu mematuhi rambu lalu lintas. Terutama di jalan tol banyak aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh pengemudi mobil.

"Salah satunya kecepatan, untuk tol luar kota maksimal 100 kpj, di dalam kota 80 kpj. Masih banyak juga rambu lalu lintas lain yang harus dipatuhi oleh para pengemudi di jalan raya," ucap Nasir ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (12/4/2019).

Baca juga: Kecelakaan Beruntun Tol BSD, Karena Outlander Masuk Jalur Berlawanan

Kecelakaan itu, lanjut Nasir akibat sebagian besar akibat pengemudi tersebut tidak mematuhi rambu lalu lintas, dan aturan yang sudah ditetapkan oleh undang-undang. Apabila semua tidak melanggar, maka otomatis fatalitas kecelakaan bisa lebih kecil.

"Jangan justru di jalan Tol itu kita memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, harus tetap mematuhi rambu lalu lintas yang ada," kata Nasir.

Peristiwa kecelakaan beruntun di tol BSD itu sendiri karena salah satu pengemudi kurang konsentrasi, sehingga menabrak pembatas jalan dan masuk ke jalur berlawanan sehingga menyebabkan tabrakan yang melibatkan empat mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com