Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas MotoGP Bersama Jokowi dan Dorna, Ini Kata AHM

Kompas.com - 13/03/2019, 12:52 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memastikan Indonesia menggelar MotoGP pada 2021 mendatang. Kepastian ini diberikan saat bos besar Dorna, Camelo Ezpeleta, datang ke Istana Bogor, Jawa Barat, pada Senin lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya juga turut hadir bersama pebalap Honda Mario Suryo Aji. Ketika dikonfirmasi soal keterlibatan AHM dalam pertemuan tersebut, Thomas menceritakan bila AHM hanya sebagai tamu undangan saja.

"Kami hadir sebagai undangan dari pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) saja," ucap Thomas kepada Kompas.com, Rabu (13/3/2019).

Baca juga: Jokowi Kasih Lampu Hijau Indonesia Gelar MotoGP di 2021

Menurut Thomas, keterlibatan dalam pertemuan antara Dorna dan Jokowi, AHM hanya sebagai salah satu pabrikan sepeda motor di Tanah Air yang dianggap memiliki komitmen dalam mengembangkan pebalap muda berbakat. Cara ini ditempuh melalui pembinaan balap berjenjang terstuktur baik di ajang nasional hingga internasional.

Sementara saat disinggung soal rencana AHM dalam menyambut Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP di Mandalika pada 2021 mendatang, Thomas menjelaskan bila pihaknya akan fokus untuk menyiapkan para pebalap muda.

Presiden Joko Widodo menjajal motor balap berkapasitas mesin 1000 CC. Hal itu terjadi usai Jokowi bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, pemegang lisensi MotoGP, di Istana Bogor, Senin (11/3/2019). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo menjajal motor balap berkapasitas mesin 1000 CC. Hal itu terjadi usai Jokowi bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, pemegang lisensi MotoGP, di Istana Bogor, Senin (11/3/2019).
Baca juga: Jadwal Pasti MotoGP Indonesia Belum Ditentukan

"Kita dengan Astra Honda Racing Team akan fokus mengembangkan pebalap muda berbakat di Indonesia agar dapat menghasilkan dalam laga di ajang MotoGP. Seperti saat ini dengan Dimas Ekky yang sudah bermain di Moto2," kata Thomas.

Seperti diketahui, Indonesia sedang melakukan pembangunan street circuit di Kawasan Wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menyambut MotoGP pada 2021 mendatang. Lintasan balap jalanan ini pun diklaim menjadi yang pertama dibangun dari awal untuk MotoGP dengan panjang 4,32 km dan memiliki 18 tikungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com