Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Ini Posisi Jari yang Salah saat Berkendara Sepeda Motor

Kompas.com - 08/03/2019, 17:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wahana Makmur Sejati (WMS) main dealer sepeda motor Honda di Jakarta-Tangerang, terus mengadakan kegiatan safety riding. Kali ini kepada konsumen, karena masing-masing memiliki hak berkendara yang aman di jalan raya.

Tim Safety Riding Promotion (SRP) Wahana memberikan edukasi kepada 100 konsumen Honda di Jakarta Tangerang dan merupakan member Honda VIP Card. Berlangsung di salah satu training center safety riding terbaik di Indonesia (AHM 2018), kegiatan ini dimulai dari teori hingga praktik, di Jatake Tangerang beberapa waktu yang lalu.

“Jadi keselamatan adalah hak konsumen. Hak untuk miliki pengetahuan safety riding adalah hak pengguna motor, Karena semangat yang diusung oleh Honda salah satunya adalah no sales without safety," kata Head of SRP Wahana Agus Sani dalam siaran resmi, Jumat (8/3/2019).

Agus menambahkan, tidak hanya kali ini, kegiatan edukasi serupa kepada konsumen juga rutin dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran berkendara aman di jalan raya.

Baca juga: Ilmu Baru buat Instruktur Safety Riding AHM

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga diberikan tips terkait beberapa kebiasaan yang salah dan tidak disadari ketika berkendara. Salah satunya meletakkkan jari di tuas rem depan saat berkendara.

Kebiasaan ini bisa menjadi awal petaka ketika spontan jari menarik tuas mendadak saat sesuatu hal terjadi di jalan dan berkibat tidak terkendalinya roda depan apalagi di atas permukaan jalan yang licin atau berpasir.

Selain tips di atas, Agus juga mengingatkan tentang pentingnya menjaga emosi saat di jalan raya. Mengatur hal ini sangat penting saat berkendara, suasana hati sangat berpengaruh pada gaya berkendara.

“Emosi adalah unsur terbesar berpengaruh kepada sikap dan gaya berkendara di jalan raya,” ucap Agus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com