Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Moge Scrambler buat yang Malas Modifikasi

Kompas.com - 25/02/2019, 16:01 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor model scrambler belakangan diminati penggemar roda dua. Ini seiring dengan tren motor yang mengarah pada desain klasik modern yang ditawarkan pabrikan motor dunia.

Setelah PT GAS Triumph Motorcycle menghadirkan Scrambler 1200 XE, menarik melihat pasar sepeda motor jenis ini di Indonesia. Motor yang dibanderol Rp 545 juta off the road ini berhadapan dengan beberapa pemain besar di kelas moge di Indonesia.

Pertama adalah Ducati Scrambler 1100 Sport yang dikenalkan akhir tahun lalu. Motor yang dibanderol Rp 636 juta ini jadi varian teratas Ducati Scrambler yang menawarkan beberapa varian seperti New Icon, Classic, Sixty2, Cafe Racer dan Desert Sled.

Motor Ducati ini menggunakan mesin L-twin yang memproduksi tenaga 86 tk pada putaran 7.500 rpm dan torsi 88 Nm di 4.750 rpm. Scrambler Ducati dilengkapi dengan fitur kontrol traksi, cornering ABS dan riding modes. Scrambler 1100 ditawarkan dalam tiga model yakni standar, spesial dan sport.

Baca juga: Triumph Resmi Hadirkan Scrambler 1200 XE

Ducati Scrambler 1100 SportKOMPAS.com / Aditya Maulana Ducati Scrambler 1100 Sport

Produk berikutnya ada BMW R Nine T Scrambler. Motor dengan banderol Rp 619 jutaan ini menawarkan mesin 1170 cc berpendingin udara yang menghasilkan tenaga 110 tk pada 7.750 rpm dan torsi 116 Nm pada 6.000 rpm.

Motor ini menawarkan gaya klasik dengan konfigurasi mesin boxer yang khas. Selain itu beberapa aksesori tambahan membuat motor ini berbeda dari model R Nine T lainnya seperti kemudi yang lebih tinggi, fitur ABS dan ASC serta penggunaan pelek 19 inci.

Sebagai perbandingan, Triumph Scrambler 1200 XE menggunakan mesin 1200 cc Bonneville High Power yang menghasilkan tenaga 90 ps pada putaran 7.400 rpm. Ketiga motor ini bisa jadi pilihan penggemar Scrambler di Indonesia tanpa harus memodifikasi unit bawaan pabrik.

BMW R nine T Scrambler meluncur di GIIAS 2016.BMW Motorrad Indonesia BMW R nine T Scrambler meluncur di GIIAS 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com