Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Serius Skuter Listrik Baru Karya Anak Bangsa

Kompas.com - 31/01/2019, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lincah akan menjadi kawan Gesits bermain di segmen skuter listrik buatan anak bangsa. Motor yang diproduksi oleh Lincah Group ini rencana siap mengaspal pada April 2019 mendatang.

Lantas bagaimana persiapan dan langkah untuk produksinya ? menjawab hal tersebut, Business Development Lincah Group Kristian Sutikno, mengatakan saat ini semua proses sudah mengarah ke sana, mulai dari uji tipe sampai izin produksi.

"Surat-surat sudah mengarah ke sana, tapi saya belum berani rilis sekarang, realisasinya mungkin sekitar 40 persen, kita sudah ajukan semua itu. Untuk produksi, tempat perakitan sudah siap semuanya, tapi ya itu tadi kita harus benar-benar siap dulu agar barangnya siap dan lengkap semuanya," kata Kris kepada media, saat menghadiri acara Masyarakat Konservasi dan Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI) di Tangerang, Rabu (30/1/2019).

Baca juga: Skuter Listrik Lincah Siap Jadi Kawan Main Gesits

Untuk masalah produksi, Kris mengatakan, sudah memiliki lahan seluas 800 meter persegi di Cakung, Jakarta Timur. Karena lahan tersebut hanya berfungsi sebagai lahan perakitan, nantinya diperkirakan dalam setahun dapat memproduksi skuter listrik Lincah sebanyak 10.000 unit, dengan kisaran perbulannya antara 700-800 unit.

Sok depan dan kaki-kaki skuter listrik Lincah Sok depan dan kaki-kaki skuter listrik Lincah
Sementara untuk kandungan lokal pada Lincah, sampai saat ini sedang mengejar ke tahap 60 persen. Beberapa kompnen sudah dibuat lokal, seperti motor, baterai packer, controler, desain, dan juga ban.

Sedangkan sisanya, masih ada beberapa yang didatangkan dari luar negeri. Layakanya sistem suspensi, panel display, dan paling utama mengenai dinamonya.

"Yang utama itu dinamo, karena teknologinya ada disitu. Dinamo itu yang menentukan kendaraan bisa berfungsi baik dan sesuai," ucap Kris.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com