Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Titik Akhir Perjalanan Isuzu Panther di Indonesia

Kompas.com - 24/01/2019, 17:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (AIMI), mengakui belum bisa memastikan soal kelanjutan Isuzu Panther di Tanah Air. Bahkan, sikap Isuzu terhadap nasib multi purpose vehicle (MPV) yang dijuluki "Rajanya Diesel" ini sudah cenderung pasrah.

Meski dulu sempat digadang-gadang sudah menyiapkan generasi terbaru, namun kini kondisinya berubah 180 derajat. Apalagi seiring dengan berubahnya tren dan adanya kebijakan mengenai Euro IV.

"Sekitar 2016 kita sudah ada blueprint untuk New Panther dan pernah ada info kemungkinan akan keluar. Secara desain kita sudah punya, tapi belakangan tren MPV medium turun dan beralih ke SUV, lalu ada regulasi Euro IV pada 2016," ucap General Manager Marketing Division PT IAMI Attias Asril, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Baca juga: Panther dan D-Max Masih Jadi Jagoan Isuzu di Segmen LCV

Menurut Attias, dua situasi tersebut kini menjadi dasar pertimbangan Isuzu untuk menghadirkan model baru dari Panther. Karena bila dipaksakan sekarang, risiko yang dihadapi akan cukup besar. Apalagi bila harus sampai membuat mesin baru.

"Katakanlah 2021 harus ganti mesin, secara investasi besar, harga Panther baru itu akan sangat tinggi sekali. Kasarnya bisa di atas harga SUV, jadi sangat tidak mungkin dengan situasi yang kami hadapi," ucap Attias.

Isuzu Panther LSkompas.com Isuzu Panther LS
Attias menjelaskan bila harus berinvestasi membuat mesin baru untuk Panther yang pasarnya hanya di Indonesia, rasanya akan sangat tidak mungkin. Apalagi melihat tren MPV yang berangsur-angsur mulai bergeser. Alternatifnya memakai mesin Euro IV yang sudah ada.

Bahkan dikarena tren yang bergeser tersebut, Isuzu mulai melonggaran ikat pinggang dengan menurunkan target penjualan Panther. Bila pada 2018 mematok target sebesar 2.078 unit, di 2019 ini hanya menjadi 1.700 unit.

Baca juga: Dilema Generasi Baru Isuzu Panther

Ketika ditanya sampai kapan Isuzu akan terus memasarkan Panther yang sekarang di Tanah Air, Attias hanya berkomentar menunggu kebijakan Euro IV benar-benar diterapkan pada 2021 mendatang.

"Pasarnya hanya tinggal di Indonesia saja. Untuk penjualan jika terbentur Euro IV maka titik berhentinya di situ. Apakah suatu hari kita akan punya mesin yang ekonomis, ya kita lihat nanti," ucap Attias.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com