Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Aman ketika Mobil Melintas di Jalan Menurun

Kompas.com - 31/12/2018, 16:22 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang pergian menggunakan mobil pribadi, untuk merayakan malam tahun baru harus tetap ekstra hati-hati selama di jalan. Terutama ketika melintas di jalan menurun, jangan sampai terjadi hal buruk seperti rem blong dan lain sebagainya.

Paling utama, cek sistem pengereman dan pastikan dalam kondisi masih normal. Setidaknya, bagian kampas rem masih tebal sehingga tidak mempengaruhi kinerja rem.

Faktor lain, yaitu dari gaya berkendara masing-masing pengemudi. Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara, apabila jalan menurun cara pengoperasian antara mobil transmisi manual dan matik berbeda, tetapi tidak terlalu signifikan.

Mobil transmisi manual pastikan selalu menggunakan gigi rendah seperti dua atau tiga. Fungsi utama, kata dia agar terjadi engine brake dan mobil tidak langsung melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Bahaya Menginjak Rem Terus-menerus di Jalan Menurun

"Kalau kondisi jalan kosong, jika menggunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju dengan lebih cepat ketimbang pakai gigi dua atau tiga," kata Suparman kepada Kompas.com belum lama ini.

Lantas, bagaimana dengan mobil matik? Tidak jauh berbeda, pengemudi tetap harus menggunakan transmisi rendah agar ada efek engine brake seperti mobil manual. Apabila sistem matik pada umumnya, maka ketika dari posisi D dipindahkan ke D2.

"Otomatis jika dipindahkan ke D2, kalau ibarat manual giginya akan pindah menjadi 1 atau 2," ucap Suparman lagi.

Secara teori, hanya itu trik dasar ketika melewati jalan menurun, selebihnya disesuaikan dengan kondisi jalan. Pastikan kurangi kecepatan apabila di turunan, agar sopir bisa mengendalikan mobil dengan sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com