Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Jualan Motor Bisa Menurun

Kompas.com - 26/11/2018, 08:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesta demokrasi yang akan berlangsung 2019 mendatang akan mempengaruhi banyak sisi kehidupan. Salah satunya di industri otomotif baik roda dua maupun roda empat.

Para pelaku industri sudah bersiap-siap untuk menghadapi situasi yang terjadi di tahun depan. Direktur Keuangan PT Astra Honda Motor (AHM), Erik Sadikin mengungkapkan, tahun depan akan berpengaruh pada penjualan roda dua.

Tahun politik itu tahun yang panas. Konsumen merasa tidak aman untuk bisnis dan transaksi (barang mahal) pasti mereka menunda untuk pembelian motor sampai kondisi kondusif,” ucap Erik saat ditemui beberapa waktu lalu.

Erik berharap gelaran pesta demokrasi akan berjalan lancar. Ini akan membuat penjualan sepeda motor di angka yang cukup stabil.

Baca juga: Plus Minus Wajib ABS pada Sepeda Motor Kecil

Erik mencontohkan pada saat Pilkada serentak lalu yang berjalan lancar. Kondisi demikian membuat konsumen tidak melakukan penundaan pembelian.

Untuk tahun depan, penjualan roda dua diperkirakan stabil atau mendekati tahun ini yakni di angka 6,2 juta sampai 6,3 juta. Model skutik diperkirakan masih akan menjadi pilihan pertama masyarakat Tanah Air.

“Seperti saat ini. Beat berkontribusi paling besar di angka 43 persen, kedua Vario sekitar 25 persen lalu Scoopy,” ucap Erik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com