Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perjalanan Melewati Tol dari Jakarta ke Surabaya

Kompas.com - 22/12/2018, 12:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi XpanderMMKSI Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander
 

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah meresmikan lima ruas tol baru yang menyambungkan tol Trans Jawa, Kamis (20/12/2018) lalu. Peresmian ini diharapkan dapat membantu pergerakan masyarakat saat membutuhkan jalur bepergian dari barat ke timur dan sebaliknya selama waktu libur Natal dan Tahun baru dekat ini.

Kompas.com coba menghitung berapa biaya yang perlu dipersiapkan untuk bepergian menggunakan kendaraan golongan I dari Jakarta menuju Surabaya. Tentu harus diingat bahwa masih ada lima ruas tol yang digratiskan selama libur Natal dan Tahun Baru yakni Tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga (Boyolali)-Kartasura, Wilangan (Nganjuk)-Kertosono, dan Pasuruan-Probolinggo.

Jika pengendara berangkat dari Jakarta, ruas tol pertama yang dilalui adalah Jakarta-Cikampek dengan biaya Rp 15.000. Perjalanan dilanjutkan ke ruas tol Cikopo-Palimanan dengan biaya Rp 102.000.

Ruas tol berikutnya adalah Palimanan-Kanci dengan biaya Rp 12.000. Dilanjutkan dengan Kanci-Pejagan sepanjang 39 kilometer Rp 29.000 dan Pejagan-Pemalang (Brebes Timur) dengan biaya Rp 57.500.

Baca juga: Menengok Fasilitas Rest Area Sepanjang Ruas Tol Trans Jawa

Pengendara akan melanjutkan perjalanan melalui ruas tol baru yakni Brebes Timur-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang. Masuk ke Semarang, pengendara baru membayar tol di gerbang tol Semarang (Jatingaleh-Krapyak dan Jatingaleh-Srondol) dengan tarif Rp 5.500. 

Berlanjut menuju jalur tol Semarang-Solo (Salatiga) Rp 33.000. Kemudian melewati ruas Solo-Ngawi sepanjang 90,43 kilometer dengan tarif Rp 86.500.

Perjalanan berlanjut ke Ngawi-Kertosono (Wilangan) Rp 52.000 dan melalui ruas tol Wilangan-Kertosono yang belum dikenakan biaya. Wilayah Jombang (Kertosono)-Mojokerto Rp 46.000 dan Mojokerto-Surabaya Rp 36.000.

Total dari ruas tol Jakarta-Cikampek sampai ruas tol Mojokerto-Surabaya pengendara menghabiskan total Rp 474.000. Bagi pengendara yang berangkat dari Merak atau melanjutkan perjalanan hingga ruas tol Gempol-Pasuruan akan ditambah biaya sekitar Rp 88.000.

Persiapan kendaraan dan fisik sangat penting dilakukan. Patuhi rambu-rambu petunjuk selama diperjalanan dan tidak lupa beristirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com