Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Diesel Mulai Ditolak Masuk ke Paris

Kompas.com - 15/11/2018, 14:33 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Penolakan terhadap mesin diesel di Eropa dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat. Terakhir, kota Paris akan memberlakukan larangan mobil lawas bermesin diesel untuk masuk ke kota pada musim panas tahun depan.

Dikutip dari Reuters, pengumuman ini diberitakan melalui media sosial pemerintah kota Paris. Dikatakan mobil diesel yang teregistrasi sebelum 31 Desember 2000 akan dilarang masuk ke ibukota Prancis tersebut.

Pelarangan ini akan menggunakan sistem Crit’Air terbaru. Sistem ini akan mengidentifikasi usia kendaraan dan level polusi dengan menggunakan stiker warna.

Mobil dengan Crit’Air lima stiker (tahun produksi 1997 sampai 2000 bermesin diesel) serta mobil tanpa stiker akan dilarang masuk ke dalam kota.

Baca juga: ?Masuk Angin? Juga Bisa Serang Mesin Mobil, Khususnya Diesel

Pengetatan peraturan ini dilakukan pemerintah kota Paris untuk perlahan mempersiapkan diri beralih pada kendaraan listrik atau bahan bakar hidrogen pada 2030. Pada pusat kota Paris, mobil diesel sebelum tahun 2000 sudah dilarang masuk sejak Juli 2017 lalu.

Lima belas area Paris termasuk diantaranya Lyon, Nice, Aix-Marseille dan Toulouse bulan lalu menandatangani kesepakatan untuk ikut menurunkan kadar emisi gas buang pada 2020. Pemerinta Prancis berharap ini dapat menghindari sanksi Uni Eropa bila tidak memenuhi standar kualitas udara yang sudah ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com